Breaking News

loading...

Di Tahun 2021 Sebanyak 19 Unit Bantuan Bedah Rumah Terealisasikan BAZNAS Kota Solok


Solok Kota ,Figurnews.com

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok realisasikan bantuan Bedah Rumah sebanyak 19 unit kepada masyarakat Kota Solok yang kurang mampu, dimana pada tahun sebelumnya Baznas juga membantu sebanyak 17 unit untuk bantuan Bedah Rumah ini.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Baznas Kota Solok AKBP Purn H. Zaini, SH pada Figur News di ruang kerjanya di Kota Solok, Jumat (29/1/2021).

“Bantuan Bedah Rumah sebanyak 19 unit tersebut, baru bisa direalisasikan pada awal 2021 ini. Karena kemaren itu masih tahap pengerjaan,” kata AKBP Purn H. Zaini.

Lebih lanjut Ketua Baznas Kota Solok tersebut mengatakan, bantuan Bedah Rumah sebanyak 19 unit itu diperuntukkan bagi 19 Kepala Keluarga (KK) yang kurang mampu yang berada  kelurahan di Kota Solok. Bantuan tersebut diberikan kepada KK yang rumahnya tidak layak huni, ataupun belum memiliki rumah sama sekali dan dikuatkan dengan adanya surat keterangan kurang mampu dari kelurahan setempat.

Ia juga mengungkapkan bahwa untuk permohonan bantuan Bedah Rumah ini, cukup banyak yang memasukkan surat permohonan ke Baznas Kota Solok, namun Baznas harus memprioritaskan mana yang harus diprioritaskan dan layak di bantu.     

“Anggaran Bedah Rumah untuk tahun 2020 itu sebanyak Rp570 juta, dan untuk 1 unit rumah peruntukannya sebanyak Rp30 juta,” ungkapnya.

Selain Pemerintah Kota (Pemko) Solok, lanjutnya, untuk bantuan Bedah Rumah ini Baznas Kota Solok juga bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yaitu Perusahaan Daerah Air Minum PDAM Kota Solok dan Perusahaan Listrik Nasional (PLN) Wilayah Kota Solok.

“Bantuan Bedah Rumah ini telah diresmikan dan diserahkan pada masyarakat Kota Solok secara simbolis oleh Walikota Solok Bapak Zul Elfian, Rabu 27 Januari 2021 lalu, walaupun rumah tersebut ada yang telah dihuni oleh masyarakat,” sebutnya.

Selain bantuan Bedah Rumah, Ketua BAZNAS Kota Solok juga menyebutkan telah menyalurkan 5 program, dimana program pertama yakninya Program Solok Sejahtera berupa bantuan hidup setiap bulan bagi lansia, atau orang yang cacat sebanyak 150 orang dengan total Rp60 juta. Selain itu ada juga modal usaha, ini beragam dimana Baznas memberikan bantuan maksimalnya perorang sebanyak Rp2,5 juta. Pada program khusus Baznas memberikan sebanyak Rp10 juta perorang.

Kedua Solok Cerdas, dimana Baznas Kota Solok membantu anak didik seperti masuk TK, SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi bahkan biaya pendidikan ke luar negeri. Selain itu Baznas Kota Solok juga dapat bantuan dari Baznas Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sebanyak Rp458 juta untuk biaya pendidikan, bantuan Covid-19 berupa Sembako.

Ketiga Solok Sehat, dimana masyarakat yang sakit Baznas Kota Solok akan membantu walaupun masyarakat tersebut telah memiliki BPJS, bantuan tersebut juga bisa digunakan untuk biaya hidup ataupun untuk transportasi ke luar daerah dalam rangka berobat.

Keempat Solok Taqwa, program ini untuk Hafiz Qur’an dimana yang hafal 30 juz, Baznas Kota Solok membantu Rp1 juta tiap bulan. 20 juz Rp800 ribu dan 10 juz Rp600 ribu. Dalam program Solok Taqwa ini Baznas juga membantu garin mesjid setiap bulannya.

Kelima Solok Peduli, program ini untuk bencana alam seperti bencana banjir di Kota Solok kemaren. Dimana Baznas memberi bantuan untuk masyarakat yang terdampak bencana seperti bencana banjir yg telah melanda kota solok di awal tahun 2021,BAZNAS Kota Solok    terjun langsung ke masyarakat yg terkena dampak banjir," tegas AKBP Purn H.Zaini ".(Ayu)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre