Breaking News

Sekolah di Mentawai Mulai PTM Bila Memenuhi Syarat

Foto: Sejumlah Murid Sekolah Dasar belajar di rumah

MENTAWAI. FN- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menerbitkan Surat Edaran (SE) Terbaru terkait syarat menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

SE Bupati Mentawai Nomor: 420/SE/1/Bup-2021 tentang Penyelenggaraan pembelajaran pada satuan pendidikan semester genap tahun ajaran 2020/2021 di kabupaten kepulauan Mentawai.

Menurut Juru Bicara Kebijakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mentawai, Serieli Bw bahwa sekolah dapat menyelenggarakan PTM apabila diberi rekomendasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disidikbud) Mentawai. 

"Sesuai SE Bupati, maka sekolah yang sudah memenuhi ketentuan PTM dapat mengajukan permohonan ke Disdikbud melalui masing-masing korwil," kata Serieli Bw melalui pesan Whatshapnya. Senin, (04/01/2020).

Ia menambahkan apabila pihak Sekolah telah memenuhi persyaratan tersebut, maka Kepala Disdikbud Mentawai, A. Oreste Sakeroe memberikan rekomendasi untuk menyelenggarakan PTM. "Rekomendasi PTM harus dikeluarkan oleh Kadisdikbud, bukan oleh Korwil," terangnya.

Adapun ketentuan PTM pada Surat Edaran Bupati Mentawai Nomor:420/SE/1/2021 itu adalah sebagai berikut, (a) Satuan pendidikan wajib antara lain, (1) memastikan seluruh guru dan tenaga kependidikan, baik yang tidak liburan maupun yang baru kembali dari luar daerah, telah dinyatakan bebas Covid- 19 berdasarkan hasil uji RT-PCR (Swab), (2) menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun di depan setiap ruangan kelas, (3) memastikan tempat duduk siswa telah disusun dengan jarak antar siswa paling kurang 1 (satu) meter, (4) memastikan jumlah tempat duduk siswa 1 (satu) kelas tidak melebihi 50% (lima puluh persen) dari jumlah kapasitas ruangan, (5) menyediakan alat semprot dan cairan disinfektan pada setiap ruangan kelas dan ruang guru, (6) menyediakan alat dan petugas pengukur suhu tubuh di setiap pintu masuk lingkungan satuan pendidikan, (7) menyediakan informasi dalam bentuk spanduk di depan pintu masuk dan di lingkungan satuan pendidikan berisikan kewajiban mematuhi protokol kesehatan (memalai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) bagi guru, siswa, dan tenaga kependidikan serta orang tua selama berada di lingkungan satuan pendidikan.

Kemudian, (b) Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama Koordinator Wilayah dan Camat melakukan pemeriksaan pada setiap satuan pendidikan untuk memastikan pemenuhan ketentuan sebagaimana dimaksud pada huruf a, (c) Dinas Kesehatan, RSUD, dan Puskesmas memfasilitasi pengambilan RT-PCR (Swab) pada setiap satuan pendidikan tidak dipungut biaya, (d) Dalam hal berdasarkan hasil pemeriksaan RT-PCR (Swab) terdapat guru dan atau tenaga kependidikan bila dinyatakan positif Covid-19, maka pada satuan pendidikan dimaksud wajib melaksanakan PJJ selama 14 (empat belas) hari terhitung sejak hasil pemeriksaan RT-PCR diterbitkan oleh dokter atau pejabat berwenang, (e) Satuan pendidikan yang memenuhi seluruh ketentuan sebagaimana dimaksud pada huruf a angka 1 sampai dengan angka 7 dapat mengajukan permohonan penyelenggaraan proses belajar mengajar secara PTM kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Koordinator Wilayah dengan melampirkan data dan foto dokumentasi persyaratan sebagaimana dimaksud pada huruf a, (f) Setiap satuan pendidikan yang akan menyelenggarakan PTM sebagaimana dimaksud pada huruf e wajib mendapat rekomendasi tertulis dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai, (g) Bagi satuan pendidikan yang menyelenggarakan PTM tetapi tidak mendapatkan rekomendasi sebagaimana dimaksud pada huruf e dapat dikenakan sanksi administratif sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang penegakan protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru di masa pandemik. 

"Pemenuhan persyaratan PTM sudah bisa dimulai pihak sekolah dari sekarang, namun sebelum ke tempat tugas atau sekolah, kepala sekolah dan guru-guru harus di swab test terlebih dulu," tutup Serieli Bw. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre