Breaking News

loading...

Sejumlah Guru Jalani Swab Test di Puskesmas Bosua, Rata-rata Perdana



Foto: Puskesmas Bosua di Desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Selasa, (19/01/2021).

MENTAWAI. FN- Sejumlah guru di wilayah Puskesmas Bosua melaksanakan swab test. Pelaksanaan swab test itu berdasarkan Surat Edaran terbaru Bupati Mentawai pada 2 Januari 2021 lalu. 

Surat Edaran Bupati Mentawai Nomor: 420/SE/1/Bup-2021 tentang Penyelenggaraan pembelajaran pada satuan pendidikan semester genap tahun ajaran 2020/2021 di kabupaten kepulauan Mentawai.

Maka melalui ketentuan surat edaran tersebut pihak sekolah dapat menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) apabila telah memenuhi syarat dan selanjutnya diberi rekomendasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disidikbud) Mentawai. 

Salah satunya pada poin (a) nomor 1 bahwa untuk memastikan seluruh guru dan tenaga kependidikan, baik yang tidak liburan maupun kembali dari luar daerah, telah dinyatakan bebas Covid-19 berdasarkan hasil uji RT-PCR (Swab).

"Sesui SE Bupati terbaru, guru-guru sebelum melaksanakan PTM meski terima surat keterangan negatif Covid-19, maka saat ini ada sekitar 64 guru dan ditambah dengan guru-guru baru jalani swab test," ungkap Kepala Puskesmas Bosua, Yolpina kepada figurnews.com. Selasa, (19/01/2021).

Kedepan setelah pelaksanaan swab test ini dikatakannya, pihak Puskesmas tetap Intensifkan 3T yakni, tracing, tracking dan testing. "Apabila ada diantara mereka nanti yang positif tentu kita akn tindak lanjut lagi, salah satunya bagi mereka yang memiliki kontak erat," tambahnya. 

Disebutkannya, Puskesmas Bosua telah menyediakan tempat karantina dengan jumlah 12 bed di SD lama di wilayah Dusun Bosua Barat.

"Dari jumlah keseluruhan guru, rata-rata banyak yang pertama melaksanakan swab test, kecuali guru-guru yang dari Padang," terang Yolpina.

Sesui surat edaran koordinator wilayah atau Korwil sekolah pelaksanaan Swab Test hari ini terbagi dari 6 Sekolah Dasar (SD) dan 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di dua desa yakni Desa Bosua dan Desa Beriulou. 

"Sebelum hasil swabnya keluar, tolong jaga jarak dengan saudara-saudara yang belum punya kontak dengan kita, ini dilakukan untuk menjaga kontak terhadap klaster lain," tutup Kepala Puskesmas Bosua. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre