Breaking News

Sebelum PTM di Mentawai, Tenaga Pengajar Wajib Swab

Foto: Kantor Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Selasa, (12/01/2021).

MENTAWAI. FN- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Kesehatan terus melakukan usaha dan upaya penanganan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Salah satunya dengan Deteksi Dini terhadap pengajar di sekolah dan kampus sebelum melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). 

Surat Edaran Bupati Mentawai Nomor: 420/SE/1/Bup-2021 tentang Penyelenggaraan pembelajaran pada satuan pendidikan semester genap tahun ajaran 2020/2021 di kabupaten kepulauan Mentawai.

Maka melalui ketentuan surat edaran tersebut pihak sekolah dapat menyelenggarakan PTM apabila telah memenuhi syarat dan selanjutnya diberi rekomendasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disidikbud) Mentawai. 

Salah satunya pada poin (a) nomor 1 bahwa untuk memastikan seluruh guru dan tenaga kependidikan, baik yang tidak liburan maupun kembali dari luar daerah, telah dinyatakan bebas Covid-19 berdasarkan hasil uji RT-PCR (Swab).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar sehubungan dengan adanya rencana PTM di Sekolah, Pemkab Mentawai melakukan deteksi dini terhadap guru-guru di Mentawai. 

"Maka kita dari Dinas Kesehatan siap memfasilitasi beberapa Puskesmas yang selama ini sudah kita siapkan," ungkapnya kepada figurnews.com. Selasa, (12/01/2021).

Ia menambahkan Puskesmas itu adalah Puskesmas Mapaddegat, Sioban, Sikakap, Siberut dan Puskesmas Sikabaluan, RSUD Mentawai serta di Pelabuhan Tuapejat. Selain itu sepuluh Puskesmas lain juga diperkenankan melakukan Swab test.

"Kita sudah melakukan Swab test di Puskesmas Saibi, tentunya tidak lepas dari pendampingan dari Puskesmas sebelumnya yang telah melakukan Swab test," tambah Lahmuddin.

Selanjutnya, pengambilan sample swab itu tergantung kepada mobilisasi atau jadwal kapal untuk di bawa ke Padang, Provinsi Sumatra Barat.

Hal itu dilakukan dikatakan Lahmuddin agar memberikan keamanan dan kenyamanan dari bebas Covid-19 di Sekolah dalam melakukan PTM. "Terpenting disini pelaksanaan swab testnya ditentukan Puskesmas masing-masing di setiap wilayah sekolah," terang Lahmuddin. 

Dikatakan saat ini setiap Puskesmas telah melakukan Swab test terhadap Guru-guru di Mentawai. Namun Dinas Kesehatan masih menunggu data dari Puskesmas telah melakukan Swab tes per wilayah. 

Lahmuddin menyampaikan kepada Masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan 3M yakni, menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre