Breaking News

loading...

Rio Cilodang Ny. Edoh Akui Jika Aktivitas PETI di Desanya Masih Berjalan


Bungo, (Jambi) Figurnews.com - Sejumlah sungai dan lahan Kelapa Sawit di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi saat ini sedang berada dalam ancaman yang serius. Aksi penambangan emas liar sudah sangat mengkhawatirkan. Penambang mengeruk aliran sungai dan badan sungai secara membabibuta, demi secuil emas, untuk kekayaan pribadi.

Pantauan Media ini Senin(18/1/21) Menguak fakta jika di lahan perkebunan kelapa sawit di Desa Cilodang, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo masih terdapat beberapa titik penambangan emas tanpa izin.

Masih adanya aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin tersebut di akui oleh Rio/Kades Cilodong Ny.Edoh.

Dijumpai media ini di kediamannya (18/1/21) Edoh membenarkan jika di desanya masih ada aktivitas PETI.

"Ya masih ada, kalau saya bilang tidak ada toh masih ada suara mesin nya kok," demikian ucap Ny.Edoh.

Ditambahkannya menurut Edoh, jika alat Peti  yang beroperasi di dekat rumahnya tersebut adalah milik salah satu warganya yang berinisial 'J'.

"Barusan ibuk nanya ke masyarakat, dompeng itu ternyata punya 'J',"  tambahnya.

Berkaitan dengan masih adanya aktivitas PETI di Desa Cilodang tersebut, Kapolres Bungo AKBP. Mokhamad Lutfi. SIK ketika dikonfirmasi oleh awak Media ini mengatakan, pihaknya akan segera ambil tindakan.

“Setiap laporan masyarakat, pasti saya tindak lanjuti.” Ujarnya.

Terpisah, terkait dengan PETI tersebut, saat ini Polda Jambi terus melakukan upaya penertiban dan penegakan hukum terhadap aktivitas illegal logging, drilling dan mining yang menjadi program prioritas Kapolda Jambi, Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo.

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol. Mulia Prianto saat dikonfirmasi.

“Ya, kita terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang dampak dari PETI, drilling dan logging yang bisa merusak lingkungan,” jelas Kabid Humas, Senin (18/1/2021).

Ditambahkan Kabid Humas, di bulan Januari 2021 Polda Jambi telah melakukan penegakan hukum terhadap pelaku illegal logging, drilling dan mining sebanyak 37 laporan kasus dengan 50 orang tersangka.

“Saat ini kita mengamankan 50 tersangka dari 37 kasus yang diungkap oleh Polda Jambi dan polres jajaran,” jelas perwira menengah alumnus Akpol 1997 ini.

Menurut Kabid Humas, dukungan masyarakat sangat penting dalam upaya penertiban illegal mining, drilling dan logging ini.

“Kami imbau kepada masyarakat agar tidak ragu untuk melaporkan bila melihat dan mendengar ada aktifitas illegal dan jangan main hakim sendiri, serahkan kepada pihak yang berwajib,” jelas Kabid Humas.

Reporter  : Tim

Editor  : Ady Lubis

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre