Breaking News

loading...

Evaluasi Tahapan Pilgub Sumbar 2020, Iswanto: Pentingnya Memahami Aturan

Foto: Evaluasi Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat 2020 di Aula Hotel Jelita, Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara. Jumat, (29/01/2021).

MENTAWAI. FN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Mentawai melaksanakan kegiatan evaluasi tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatra Barat tahun 2020. Kegiatan itu diikuti seluruh Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) dan Sekretariat di 10 Kecamatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Mentawai, Iswanto menyampaikan PPK mesti banyak membaca dan memahami Peraturan KPU. Pasalnya, PPK telah dibekali dengan berbagai macam bentuk peraturan KPU.

"Misalkan pemungutan dan penghitungan suara, itukan di PKPU nomor 14, kegiatan rekapitulasi itu di PKPU nomor 19, itu semua lengkap hanya saja kita butuh banyak membaca," ungkap Iswanto saat ditemui figurnews.com usai acara. Jumat, (29/01/2021).

Iswanto menambahkan apabila PPK mengambil keputusan tanpa didasari aturan tentu menjadi sebuah pelanggaran. Maka disitu pentingnya memahami sebuah aturan. 

"Apabila pelanggarannya fatal itu Pemilunya bisa diulang, bila terjadi PSU atau pemilihan ulang, kita dianggap oleh masyarakat gagal," tambahnya. 

Selanjutnya dikatakan memahami aturan disetiap tahapan Pemilu sangatlah penting. Misalkan pada tahapan pemutakiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, tahapan pemenuhan persyaratan dukungan Paslon perseorangan, masa perbaikan, verifikasi faktual perbaikan, tahapan pendaftaran paslon, tahapan sengketa di pengadilan tinggi tata usaha negara (TUN) pemilihan, tahapan masa kampanya, tahapan pelaksanaan pemungutan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara dan tahapan penetapan Paslon terpilih.

"Kendala yang sering muncul dari Pilpres, Pilgub itu adalah kurang membaca dan tidak mau bertanya, misalkan bila tidak ada sinyal diam saja, maka kalau dibiarkan itu menjadi kebiasan," terang Iswanto. 

Kegiatan evaluasi itu dikatakan Iswanto bukan tempat mencari kesalahan. Namun tempat mencari solusi dari berbagai kendala dialami sebelumnya. "Kita selalu berbagi melalui WA group terkait aturan-aturan terbaru, bila tidak memahami pasalnya kita jelaskan," paparnya. 

Tentunya melalui evaluasi ini, PPK kedepan lebih memahami tugas dan fungsi disetiap tahapan. Lalu evaluasi ini juga dapat mencari solusi pokok-pokok permasalahan terjadi selama kegiatan. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre