Breaking News

Wartawan Tanah Datar Studi Banding ke Provinsi Riau


Batusangkar,Figurnews.com

Sebanyak 45 orang wartawan yang bertugas di Kabupaten Tanah Datar melakukan Studi Banding ke Provinsi Riau. Studi banding ini dilaksanakan dalam rangka  meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di bidang Jurnalistik. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kabag Humas Yusrizal mengunjungi Dinas Kominfo Kabupaten Kampar dan Haluan Riau.

Kunjungan  ke Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar, dilaksanakan  Senin, 14/12, disambut oleh Sekretaris Dinas Herry Indra Mulya. 

"Kami menyambut baik tamu yang datang dari Kabupaten Tanah Datar, semoga kita bisa berbagi informasi dan bersilaturahmi serta berlanjut memperkuat persahabatan", katanya mengawali.

Kadis Kominfo Tanah Datar Abrar  menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Datar  bersama awak media ini yang bertugas di Kabupaten Tanah Datar untuk melakukan studi banding sekaligus silaturahmi ke Kominfo Kampar.


Dia menjelaskan, Kabupaten Tanah Datar merupakan pusat kebudayaan Minangkabau, banyak objek wisata di sana salah satunya Istano Basa Pagaruyung dan Nagari Pariangan Desa terindah di dunia.

“Kami kesini ingin tahu seperti apa manajemen Kominfo dalam bermitra dengan media dan para wartawannya, barangkali ada hal-hal positif yang belum kami laksanakan di Tanah Datar, apa yang sudah dilaksanakan di sini bisa kami jadikan pembelajaran. Kami juga berharap rekan-rekan di Kabupaten Kampar dapat berkunjung ke Tanah Datar” kata Abrar.

Kabid Sumberdaya dan Pelayanan Publik Kominfo Kampar, Salmi Hadi mengatakan, peralihan wewenang Humas ke Diskominfo sejak beberapa tahun, terdapat tiga pokok yang diserahkan.

Diantaranya kerja sama media, liputan daerah, pengolahan website.

Kominfo dan Persandian  Kampar sudah mengakomodir  hampir 200 media di daerahnya namun saat ini tidak bisa dilakukan karena anggaran yang tidak tersedia. "Kita sekarang  menggunakan aplikasi dengan sistem yang dikenal E- Wartawan dengan   kerja sama dalam bentuk advertorial

Dari 200 media yang ada di Kampar hanya 100 media yang bekerjasama dan setiap wartawan atau media yang bekerja sama itu ada ratingnya atau tingkatan hingga nilai advertorial bervariasi sesuai tingkatan, hal itu dipengaruhi oleh persyaratan yang ada dari Wartawan diantaranya jumlah pembaca medianya, telah UKW atau belum, Media telah terferifikasi di Dewan pers", katanya.

Sejak diberlakukan Sistem E Wartawan ini tidak ada lagi kontak fisik antara Kominfo dengan para Wartawan, kata Salmi Hadi.

Sementara pada hari kedua  Selasa, 15/12 Rombongan Study Komperatif Wartawan Tanah Datar mengunjungi Haluan Riau.

Turut serta dalam rombongan yaitu Plt. Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Kadis Kominfo Tanah Datar Abrar, Kadis BPBD Thamrin, Kabag Humas Protokol Setda  Yusrizal, Kepala Inspektorat Altri Suandi, Kabag Umum dan Perlengkapan Suripto.

Plt. Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menyampaikan apresiasi atas  apa yang telah dicapai oleh Haluan Riau. Ia melihat Haluan Riau telah menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintahan dan instansi lainnya dan mendapatkan tempat pada masyarakat pembaca.

“Haluan Riau ini dipastikan sudah menugaskan jurnalisnya di seluruh kabupaten dan kota, hingga seluruh informasi terupdate, juga telah menjalin komunikasi yang baik dengan pihak pemerintahan," kata bupati.

Sementara Pimpinan Redaksi Haluan Riau, Doni Rahim menyampaikan ucapan syukur dan  terimakasih karena Rombongan dari  Tanah Datar  Haluan Riau telah percaya dan menjadikan Haluan Riau  sebagai salah satu  tujuan dari kunjungan Study Komperatif.

"Haluan Riau baru-baru ini menjadi koran dengan penggunaan bahasa Indonesia terbaik di Sumatra. "Alhamdulillah kami masih tetap bertahan sebagai media cetak meski oplah dan halaman berkurang, ini sudah tantangan media cetak di tengah era digital saat ini",  katanya.

Dikesempatan itu diberikan cendramata kepada unsur pimpinan Media Haluan Grup yang langsung diberikan  oleh Plt. Bupati Tanah Datar H. Zuldafri  Darma, SH. (Hendri)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre