Breaking News

TUANKU BOSA TALU BERI PENGHARGAAN PADA 8 MILLENIAL KREATIF TALAMAU


Talu ( Pasaman Barat), Figurnews.com

Sabtu 26 Desember 2020, akhir pekan dan akhir tahun yang berbeda dari biasanya. Pagi yang mendung tak menyurutkan banyak langkah menuju Rumah Gadang Koto Dalam Kebuntaran Talu. Mulai dari camat Talamau, pemerintahan nagari, niniak mamak, bundo kanduang, dan segenap lainnya. Memenuhi ruang lantai dua Rumah Gadang Talu dikampung Koto Dalam.



Pucuk adat Talu Tuanku Bosa XIV, Dr. Fadlan Maalip, Skm. Mengundang setidaknya lebih dari enam puluh tokoh dan pemuda/i kreatif di Talamau. Dalam sambutannya, Tuanku Bosa XIV Talu mengatakan, "Kita sangat mengapresiasi pemuda pemudi milenial yang kreatif, yang telah berkarya di bidang yang digelutinya."




Adapun insan muda kreatif yang dimaksud, adalah mereka yang telah berkontribusi di bidangnya masing-masing. Dari pelestari adat-budaya, pegiat literasi, pegiat seni rupa, pemandu wisata, sineas, . Setidaknya ada delapan orang pemuda/i kreatif yang mendapat apresiasi penghargaan dari Tuanku Bosa XIV.




Aprililia, pegiat seni rupa, yang juga seorang mahasiswi di STKIP PGRI, Joel Pasbar, pegiat literasi yang sudah lama malang-melintang di dunia kepenulisan, Mulya Rezky, pemandu wisata senior, Kamelia Gumanti, Irvan Riadi, pelestari adat budaya, Halga Taqwim, Fauza Abdillah, dan Nurman. 



Adapun piagam penghargaan bidang Pelestari adat dan budaya diraih oleh  Irfan Riadi dan Nurman, Pelestari seni minang Kamelia Gumanti, Fauza Abdillah.

Penghargaan juga diberikan kepada Halga Taqwim seorang mahasiswa jurusan perfilman Sineas potograper dan film maker ,  Pemandu Wisata disabet oleh Mulya Reski yang akrab disapa mister Eki.Kebahagiaan juga dirasakan Pegiat literasi Joel Pasbar dan Aprillia.

Pada sambutannya, Tuanku Bosa juga berpesan dan berharap. Semoga para penerima penghargaan ini bisa berkolaborasi, serta bekerjasama dalam melestarika adat dan seni-budaya, serta semakin kreatif hendaknya dalam berkarya.

"Teruslah berkontribusi dalam bidang masing-masing, serta tularkan kreatifitas itu pada generasi seterusnya. Kita butuh orang-orang muda seperti mereka ini." Begitu kesan Tuanku Bosa XIV.

Sementara itu Mister Eki Pemandu Wisata juga menyampaikan terimakasih kepada Nyiak Tuanku Bosa atas penghargaan kepada delapan pemuda pemudi.

"Sebelumnya teman teman mahasiswa asal Talamau yang kebetulan belajar daring di kampung halaman karena situasi Covid19. Untuk mengisi waktu luang kita beraama milenial Talu lainya melaksanakanPentas seni dan premier SURGA DI PELOSOK NEGRI pada 5 Desember lalu".

"Bersama sanggar Orion dan Omah Produksion menampilkan karya anak nagari Talu dan Sinuruik dalam bentuk film pendek tentang objek wisata yg ada di Talamau dengan judul Surga Dipelosok Negri dikemas dalam pentas seni yg berdurasi 3 jam yang ditayangkan di gedung Pusako anak nagari, dengan menampilkan 3 film pendek, Tari tradisional  Band Perkusi dan tari kontemporer. Pada saat itu juga disaksikan oleh nyiak Tuanku Bosa, Alhamdulillah diberi penghargaan. Terimakasih" puji Mister Eki.

Irvan Riadi putra Tinggal juga mengucapkan "Terima kasih atas penghargaan yg di berikan YM Tuanku Bosa Talu ini sebagai motivasi untuk melanjutkan upaya dalam pelestarian adat dan budaya Minangkabau, khusus nya adat salingka nagari, Adat mangkuto Alam pucuak adaik nagari tinggam, ini merupakan penghargaan untuk anak nagari Tinggam bersama pemuda dan pemudi manjapuik warih bajawek pusako batolong" pungkasnya.

Pegiat seni rupa Aprililia dengan  lukisan ekspresionistik berharap kedepannya semoga akan lebih banyak lagi apresiasi yg didapatkan generasi milenial yang berprestasi sehingga akan bnyak terlahir talenta hebat yang membanggakan nagari terutama Talu Sinuruik da Kajai.

"Semoga akan terlahir juga masyarakat yang mencintai seni.Ia ingin generasi melenial lebih kreatif lagi, kita coba memasyarakatkan seni dengan program "Art Therapy" bersama team Dangau Studio di Padang. Adapun art therapy sendiri mengengambalikan konsep seni pada dasarnya yaitu kebebasan berekspresi" kata Aprililia akrab disapa Lili.

Senada penulis Joel Pasbar yang bermukim di kaki Gunung Talamau, Simpang Timbo Abu Nagari Kajai juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Nyiak Tuanku Bosa Talu yang sudah memberikan perhatian khusus kepada pegiat literasi. Semoga Buku Menapak Mimpi, 2015. Filosofi Secangkir Kopi, 2017. Halalkan Hati yang Kau Curi, 2020 tetap laris dan terpajang di toko buku Gramedia" harap Joel Pasbar.

https://youtu.be/tteedcX82R4

https://youtu.be/F476Ieloqak

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre