Breaking News

Pedagang Ikan di TPI Tuapejat Akui Lebih Nyaman Berjualan Saat Ini


Foto: Tampak Pasar Ikan dan Pabrik Es di TPI Tuapejat.

MENTAWAI. FN- Sejak direhabnya Pasar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dinas Perikanan Kepulauan Mentawai, Pedagang ikan merasakan kenyamanan saat berjualan di area tersebut. Sejumlah pedagang ikan itu tergabung dalam Kelompok Penjual dan Pemasar Ikan (PPI) tampak beraktifitas di masing-masing lapak. 

"Sejak selesai diperbaiki dua bulan lalu, kawan-kawan disini terlihat sudah nyaman beraktifitas dari sebelumnya, kalau dulu pasar disini atap banyak bocor jadi kita berjualan tidak nyaman," ungkap Ketua Kelompok PPI, Bujang Samoiri di TPI Km-02, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora utara. Sabtu, (26/12/2020).

Kedepan lanjutnya dengan dukungan sarana dan prasarana di TPI ini diupayakan Ikan-ikan Mentawai dapat bernilai jual di luar daerah Mentawai. 

Apabila dirata-ratakan kata Bujang, Kelompok PPI yang berjumlah 20 orang ini dapat menampung ikan dari Nelayan sebanyak 1 ton per hari.

"Untuk harga pembelian ikan 1 ton itu Rp30 juta lebih kepada nelayan setempat," tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perikanan (DP) Kepulauan Mentawai, Usman Labai mengatakan tahun 2020 ini, DP menyalurkan anggaran untuk rehab Pasar dan Pabrik Es di TPI. 

Selain itu lanjutnya, tahun ini DP Mentawai juga telah membuat, menyusun dan mengajukan Perda untuk retribusi pasar ikan di TPI. 

"Diharap kedepan retribusi pasar di TPI itu dapat menjadi penyumbang PAD bagi Kabupaten Kepulauan Mentawai," ujarnya. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre