Breaking News

Miris, Kondisi Workshop TPI Tuapejat, Kepala DP: Anggarannya Belum Tersedia

Foto: Kondisi Workshop TPI Tuapejat

MENTAWAI. FN- Kondisi Workshop pengolahan ikan asin dan pendingin ikan di area Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Tuapejat, Kecamatan Sipora Selatan sangat memprihatinkan. Pasalnya, kondisi tidak layak itu sudah berlangsung 10 tahun.

Hal itu ungkapkan Kepala Dinas Perikanan (DP) Kepulauan Mentawai, Usman Labai kepada figurnews.com diruangannya. Senin, (22/12/2020) bahwa hingga kini anggaran untuk rehab bangunan itu belum tersedia.

"Kondisi bangunan itu sudah lebih dari 10 tahun dalam keadaan rusak, namun pada tahun ini kita masih memperbaiki pasar ikan dan pabrik es, khusus untuk Workshop itu anggarannya belum tersedia," ucapnya. 

Dikatakannya, meski saat ini Dinas Kelautan berada di Provinsi tidak menutup kemungkinan pemerintah daerah mengangarkan dana rehab di area tersebut.

Usman Labai menjelaskan bahwa pada tahun ini dia telah mengusulkan kegiatan perbaikan Workshop tersebut. Namun karena kondisi dan siatuasi Pandemi Covid-19 ini belum tercapai. 

"Ada kajian skala prioritas dalam pembangunan, namun Pemda Mentawai saat ini lebih memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan," terangnya.

Meski demikian tentunya Dinas Perikanan tetap berharap adanya perbaikan rehab Workshop tersebut. Apabila itu sudah dibenahi tentu berdampak terhadap perputaran ekonomi masyarakat setempat. 

Jadi dengan adanya Workshop pengolahan ikan asin ini, Mentawai nanti mampu memproduksi ikan asin keluar daerah. "Apalagi orang sudah mengenal bahwa ikan asin di Mentawai memang enak," papar Usman.

Keberadaan Workshop TPI dengan kondisi rusak itu ditengah-tengah pusat Ibukota Kabupaten cukup memprihatinkan. Apalagi area itu sering dilewati warga sekitar saat membeli ikan. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre