Breaking News

Lanal Persiapan Mentawai Laksanakan SAR Kapal Tenggelam

 


Padang - Figurnews.com 14 Desember 2020,-- Lanal Persiapan Mentawai bersama Tim SAR  Gabungan yang terdiri dari Badan SAR Kabupaten Mentawai, BPBD Kabupaten Mentawai, Polairud Polres Kabupaten Mentawai, Koramil Sikabaluan, dan masyarakat setempat melaksanakan pencarian dan evakuasi terhadap 4 perahu yang tenggelam akibat dihantam gelombang besar di Perairan Sigapokna Kecamatan Siberut Barat Kabupaten Kepulaan Mentawai.

Kejadian berawal pada Sabtu (12/12) saat empat perahu nelayan yang masing-masing milik Ade (30 Tahun), Cuatan (30 Tahun), Mamai (30 Tahun), dan Paneukan (40 Tahun) pergi ke laut untuk mencari ikan, namun ditengah perjalanan tiba-tiba dihantam gelombak besar akibat cuaca buruk sehingga menyebabkan keempat perahu nelayan tersebut tenggelam.

Pihak keluarga keempat nelayan tersebut mengkhawatirkan keselamatan mereka karena sampai hari Minggu (13/12) seharusnya mereka sudah pulang dari laut namun tidak ada kabar. Selanjutnya, salah satu warga melaporkan kejadian tersebut ke Lanal Persiapan Mentawai untuk melakukan pencarian terhadap keempat nelayan tersebut.

Menindaklanjuti informasi tersebut, Komandan Lanal Persiapan Mentawai Letkol Laut (KH) Anis Munandar, S.Sos., M.Si., menurunkan Tim SAR untuk bergabung dengan Tim SAR Gabungan melakukan pencarian dan evakuasi terhadap keempat korban yang dinyatakan hilang.

Tim SAR Gabungan berhasil menemukan tiga korban yakni Ade (30 Tahun), Cuatan (30 Tahun), Mamai (30 Tahun) dalam keadaan selamat sedangkan satu orang nelayan lainnya atas nama Paneukan (40 Tahun) sampai dengan saat ini masih dalam pencarian oleh Tim SAR Gabungan.   

Danlanal Persiapan Mentawai Letkol Laut (KH) Anis Munandar, S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa akhir-akhir ini kondisi cuaca di Perairan Mentawai dengan gelombang laut yang cukup tinggi dan intensitas hujan yang disertai badai sehingga membahayakan bagi pengguna laut. Untuk itu, dihimbau kepada kepada pengguna laut dan nelayan agar selalu memperhatikan kondisi cuaca dan lengkapi diri dengan alat keselamatan seperti baju pelampung untuk menghindari terjadinya kecelakaan laut. 

Sementara itu, Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E., M.M., M.Si (Han)., memerintahkan Danlanal Persiapan Mentawai agar mendukung penuh kegiatan SAR yang sedang dilaksanakan ini, laksanakan kerjasama yang baik dan selalu berkoordinasi dengan Kantor SAR Mentawai serta unsur terkait sampai satu korban lainnya ditemukan. (DP)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre