Breaking News

loading...

Krimsus Polda Sumbar, Berhasil Gulung 8 Tersangka Penambang Ilegal Di Solok Selatan Dan Pasaman Barat


Padang(Sumbar),Figurnews.com

Reserse Kriminal Khusus (Krimsus ) Polisi Daerah (Polda) Sumatera Barat(Sumbar) berhasil mengamankan delapan orang tersangka penambangan ilegal (ilegal mining). Mereka ditangkap karena melakukan penambangan ilegal di dua daerah berbeda. Hal itu diungkapkan pada Konfrensi Pers dilantai IV Mapolda Sumbar, Selasa 8 Desember 2020 jam 11.00 Wib.

“Petugas kami berhasil menangkap dua orang penambang ilegal di aliran Sungai Batang Suliti, Solok Selatan. Sementara enam orang lagi ditangkap di aliran Muaro Kiawai, Pasaman Barat,” papar Kombes Pol Satake didampingi Dirreskrimsus Polda Sumbar AKBP Joko Sadono.

Penangkapan kedelapan tersangka dengan masing-masing berinisial MR, M, AJU, IN, MET, EKA, S, dan R ini akibat terlibat penambangan pasir dan kerikil di Kabupeten Solok Selatan dan Pasaman Barat.

Dalam penangkapan kali ini, petugas berhasil menyita beberapa barang bukti, diantaranya truk, alat berat dan beberapa alat lainnya. “Petugas melakukan penangkapan setelah mendapatkan informasi dan laporan dari masyarakat,” imbuhnya.

Akibatnya, delapan tersangka ini akan dikenai Pasal 158 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHPidana, dengan ancaman 5 tahun penjara.

Satake juga menyampaikan bahwa Polda Sumbar akan terus berusaha dalam memberantas penambangan ilegal ini. “Kami (Polda Sumbar) akan tetap berkomitmen memberantas pelaku-pelaku ilegal mining yang ada di Sumatra Barat,” pungkasnya.





Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre