Breaking News

KPU Mentawai Mulai Distribusi Logistik Minggu Besok

Foto: Kotak suara di gudang logistik KPU Kepulauan Mentawai

MENTAWAI. FN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Mentawai mulai melakukan pendistribusian logistik pada Minggu, 06 Desember 2020. 

Menurut Ketua KPU Kepulauan Mentawai, Eki Butman pendistribusian logistik dilakukan terlebih dahulu ke wilayah kecamatan terjauh dari 10 Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

"Sistimnya pendistribusian kita buat skala prioritas ke wilayah yang sulit dijangkau seperti kecamatan Siberut barat, Siberut utara dan Pagai selatan," ungkap Eki Butman pada sambutannya saat konfrensi pers di Kantor KPU Mentawai. Jumat, (04/12/2020).

Sebelumnya, KPU Kepulauan Mentawai telah berkoordinasi dengan pihak keamanan Polres Kepulauan Mentawai, TNI dan SAR dalam misi pendistribusian logistik.

"Jadi kita KPU sebagai penyelenggara dan forkopimda bersama-sama mensukseskan Pilkada serentak tahun 2020 mendatang," tambahnya.

Eki Butman mengatakan saat ini KPU tengah melaksanakan pengaturan dan penyimpanan logistik di Gudang KPU. 

Selain pendistribusian Logistik KPU juga melakukan pendistribusian Alat Pelindung Diri (APD) di 265 TPS. 

"Pada hari h nanti pada tahapan pemungutan suara, penghitungan suara dan rekapitulasi wajib mematuhi standar protokol kesehatan," imbuhnya.

Untuk memenuhi protokol kesehatan itu, KPU menyediakan tempat cuci tangan, pengecek sugu tubuh, hand sanitaizer dan penyemprotan hasil TPS sebelum tahapan di TPS tersebut. 

Penyemprotan disinfektan dilaksanakan secara berskala. Selanjutnya KPU menyediakan bilik kusus bagi pemilih memiliki suhu tubuh atau suhu tubuh diatas 37 derajat. Kemudian pemilih dipandu Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) menggunakan APD baju asmat.

"Pemilih usai memilih diteteskan tinta oleh petugas, jadi pemilih tidak langsung celupkan jari ke tempat tinta, hal itu dilakukan untuk menghindari tidak adanya sentuhan tangan di masa pandemi Covid-19 ini di TPS," terang Eki Butman.

Terdapat 265 TPS di 43 Desa 10 Kecamatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sementara itu KPU telah merekrut tenaga kerja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak 2.385 orang. Keseluruhan KPPS itu telah melakukan rapid test. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre