Breaking News

loading...

KOARMADA I PERINGATI HARI ARMADA RI TAHUN 2020 SECARA SEDERHANA



SURABAYA - FIGURNEWS.COM Kepala Staf Koarmada I Laksma TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han)., CHMRP., mengikuti Upacara Hari Armada RI Tahun 2020 secara vicon dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dipusatkan di Dermaga Koarmada II, Ujung, Surabaya, Senin (7/12/2020).

Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Laut menyampaikan bahwa upaya pembangunan nasional khususnya dengan menghadirkan kekuatan Armada RI pada setiap situasi dan tantangan yang dihadapi negara. Oleh sebab itu, peringatan Hari Armada RI tahun ini memiliki makna penting sebagai catatan dan tonggak sejarah perjalanan Armada dari sejak didirikan oleh para pendahulu kita. Hari Armada RI adalah memaknai bersama TNI Angkatan Laut sebagai perwujudan dari hakikat kekuatan TNI Angkatan Laut yang dibentuk dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang meliputi KRI, Pesawat Udara, Pasukan Marinir, dan Pangkalan TNI Angkatan Laut.

 “Keamanan nasional lainnya diperkuat melalui pembentukan organisasi Armada dan Satud Dharma serta penguatan fungsi pangkalan dalam rangka mendukung satuan-satuan operasi yang digelar pada hari ini. Seiring dengan dinamika perubahan ancaman dan kompleksitas tugas-tugas Angkatan Laut ke depan, kekuatan Armada RI harus terus dibangun dan diperkokoh unsur-unsur kekuatan Armada dan diperlengkapi sebagai kekuatan yang tidak hanya dengan penyiapan sumber daya manusianya, sarana dan prasarana pendukung, serta pengembangan doktrin latihan dan taktik operasi merupakan wujud nyata keberhasilan Armada RI dalam melaksanakan dan mengemban tugas-tugas Angkatan Laut yang sekaligus merupakan amanah rakyat,” ujarnya.

“Pembangunan kekuatan Angkatan Laut terus bisa menjawab semua tantangan gelar kekuatan Angkatan Laut harus mampu menjamin kedaulatan dan untuk kesiapan Angkatan Laut yang diwujudkan dalam operasionalnya harus selalu siap dalam waktu yang singkat untuk menghadapi dan menghalau ancaman kedaulatan negara. Untuk itu, buktikan kepada rakyat, buktikan kepada negara yang kita cintai ini, kalian Republik Indonesia tulang punggung pertahanan negara di laut yang dengan gagah berani dan berpikir lebih baik,” tegasnya. 

Dengan mengusung tema “Jaya Di Samudera Untuk Indonesia Maju”, upacara peringatan tahun ini berlangsung secara sederhana dengan standar protokol kesehatan menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19.

 Upacara peringatan ini melibatkan pasukan upacara yang terdiri dari satu unit Korsik Lantamal V Surabaya, Kelompok Panji TNI AL, satu regu gabungan Pamen dan Pama, satu regu gabungan Bintara dan Tamtama KRI, satu regu gabungan Bintara dan Tamtama Marinir, satu regu gabungan Bintara dan Tamtama Wing Udara, satu regu gabungan Bintara dan Tamtama Pasukan Khusus terdiri dari Satkopaska, Dislambair, dan Satuan Kapal Selam, kemudian satu regu gabungan Bintara dan Tamtama Lantamal V Surabaya, serta satu regu gabungan PNS Mako Koarmada II. 

Dalam Hari Armada tahun ini, ada yang istimewa yakni hadirnya empat Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) jenis Patroli Cepat-40 M untuk memperkuat tiga Armada RI. Ke-4 KRI tersebut adalah KRI Karotang-872, KRI Mata Bongsang-873, KRI Posepa-870, dan KRI Escolar-871. Selain itu, tiga KRI jenis Landing Ship Tank (LST) juga akan memperkuat TNI AL, yakni KRI Teluk Kendari-518, KRI Teluk Kupang-519, dan KRI Teluk Youtefa-522. Semua KRI tersebut diresmikan oleh Kasal, berikut dengan pelantikan Komandan masing-masing kapal pada Upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2020.

Selain Peresmian dan Pelantikan Komandan dari tujuh KRI tersebut, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., juga menyematkan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV tahun kepada prajurit perwakilan yang ditunjuk. Kasal juga akan menyerahkan sertifikat dan bendera teladan kepada KRI Diponegoro, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun dan Lanal Ternate, Pasmar 2 (Yontaifib 2), serta  Lanudal Manado.

Selesai melaksanakan Upacara dilanjutkan Syukuran yang dipimpin oleh Kaskoarmada I secara sederhana dengan pomotongan tumpeng dan ramah tamah yang diikuti oleh Pejabat Utama, Para Kasatker Koarmada I, serta Prajurit dan PNS Koarmada I.

Dalam pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Danguspurla Koarmada I, Kaskoarmada I berpesan "Dengan peringatan Hari Armada ini hendaknya menjadi pengingat kita untuk selalu memberikan yang terbaik kepada TNI Angkatan Laut".

Sementara itu, dalam menyambut HUT Armada RI, Koarmada I dan jajarannya telah menggelar serangkaian kegiatan antara lain Ziarah Rombongan, Donor Darah bekerjasama dengan PMI yang menghasilkan 515 kantong darah, Anjangsana ke rumah Warakawuri dan Bhakti Sosial pembagian sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. (DP)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre