Breaking News

Fuso Rem Blong Di Lembah Anai 12 Korban Dilarikan Ke RS


Padang Panjang,Figurnews.com

Kecelakaan beruntun terjadi di kawasan Wisata Air Terjun Lembah Anai, Nagari Singgalang Kec. X Koto Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat,  Rabu Tgl 30 Desember 2020 pukul  09.10 Wib.

Diduga kecelakaan terjadi akibat Rem blong 1 unit Mobil Truk no plat Ba 9991 XA Menabrak beberapa mobil antara lain :

1. Avansa no plat : BA 1840 BP

2. Innova No plat BE 1607 KX

3. Avansa no plat BA 1670 ME

4. Avansa no plat BM 1770 JZ

5. Bus L300 no plat BA 7079 SU

6. Kijang LGX No Plat BA 1484 IH

7. AVANSA no plat BM 1210 PG

8. AGYA NO Plat BK 1875 YR

9. Avansa  No plat BA 1126 L

Untuk korban,luka luka dan sudah di bawa ke rumah sakit.untuk situasi jalan macet total dan Masalah sudah tangani oleh pihak Satlantas Polres Padang Panjang.


Seperti laporan foto dan video yang diterima Figurnews.com dihimpun dari netizen medsos dan WAG. Arus lalu lintas (lalin) di sekitar lokasi kejadian sementara ini dilaporkan macet di kedua arah, baik arah Padang menuju Bukittinggi maupun sebaliknya. Petugas kepolisian maupun medis sudah melakukan evakuasi terhadap para korban.

Kecelakaan kali ini melibatkan banyak kendaraan, dan yang baru terindikasi seperti 1 unit kendaraan tronton, bus dan kendaraan pribadi serta sepeda motor.


Dikatakan Kasat Lantas Polres Padang Panjang, Iptu Saherman, kecelakaan beruntun yang melibatkan sejumlah kendaraan, belum diketahui penyebab pastinya, namun disinyalir akibat truk Fuso tronton mengalami rem blong.

“Dari hasil informasi sementara dari kita. Saat ini kita masih melakukan identifikasi dan olah TKP sekaligus evakuasi ranmo serta mengatur arus lalu lintas, ” ujar Saherman.

“Kami masih mengumpulkan segala informasi dan bukti penyebab terjadinya kecelakaan beruntun dikawasan Lembah Anai ini, dan kami masih mendata berapa korban dan kerugian yang terjadi akibat kejadian ini,” pungkasnya.

Berdasarka video yang beredar, 

YouTube Dodi Ifanda  https://youtu.be/U6zQK_KNn3s


Sejumlah kendaraan yang terlibat laka lantas tersebut terlihat rusak parah. Bahkan satu unit bus terjun kedalam sungai aliran air terjun. Mirisnya Seorang pria pengedara sepeda motor terhimpit dibawah sebuah mobil minibus. Innalilahi wainnailaihi rojiun.

Sampai di tempat kejadian perkara (TKP) truk mengalami rem blong dan menabrak sejumlah kendaraan yang datang dari arah berlawanan hingga satu bus masuk ke dalam jurang,” kata Saherman dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Tercatat ada 10 kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan itu yaitu satu truk tronton, bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan sisanya mini bus.

Untuk korban jiwa, Saherman mengatakan nihil. Hanya saja, sebanyak 12 korban dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Meninggal dunia nihil. Sebanyak 12 penumpang dilarikan ke rumah sakit," kata Saherman.


Sebelas orang di antaranya ke Rumah Sakit Yarsi Padang Panjang dan satu ke RSUD Padang Panjang.

Kasatlantas Padang Panjang Iptu Saherman mengatakan, sejumlah korban dilarikan ke 2 rumah sakit di Padang Panjang. “Ada dua rumah sakit. RS Yarsi ada 11 korban dan RSUD Padang Panjang 1 orang. Korban jiwa tidak ada,” ujarnya

Berikut daftar korban luka-luka kecelakaan berdasarkan data Sat Lantas Padang Panjang:

1. RSI Yarsi Padang Panjang

– Muhammad Abiyyu Nasution, 15 th, tabung gadang.

– Fadhila Puja Sridevi, 11 th, Payakumbuh.

–  Saza,

– Musri muneng,

– Nanda Kurniawan, 13th, kampung manggis,

– Junaidi Efendi, 30 th, Padang lariang Pariaman,

– Ucok refmuliadi, 47, Pariaman,

– Nanda Fernando, 18 th, Pariaman, kenek.

– Adinda Wanda putra, 14 th, Pariaman.

– Romi Mulyanto, 32 th, Pariaman

–  Zainudin, 72 th, Pariaman.

2. RSUD Padang Panjang

–  Sofianita Hasibuan, 21 th, Medan.

Saat ini, kendaraan yang terlibat kecelakaan sudah dievakuasi ke pinggir jalan.

Arus lalu lintas yang sempat tertutup sudah dibuka dengan pengaturan dari Satlantas Polres Padang Panjang.

Diketahui, sesaat setelah terjadi kecelakan, sat lantas sempat memberlakukan buka tutup arus untuk mencegah kemacetan saat proses evakuasi. Namun, pada pukul 11.00 WIB arus di sekitar lokasi kembali diberlakukan 2 jalur atau kembali normal.

DD tim Redaksi Figurnews.com

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre