Breaking News

Eki Butman: Pemilih Tak Celupkan Jari Usai Nyoblos

Foto: Tinta tanda usai nyoblos

MENTAWAI. FN- Dalam mengantisipasi penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mentawai, Eki Butman mengatakan pemilih tidak mencelupkan jari usai mencoblos di TPS.

Hal itu disampaikan Eki Butman usai memberikan bimbingan teknis pembekalan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di aula Kantor Camat Sipora utara. Selasa, (01/12/2020).

"Tinta nanti kita tetes dengan alat tetes agar tidak terjadinya sentuhan terhadap pemilih disetiap TPS," sebut Eki Butman.

Selain itu disampaikan Eki Butman pada sambutannya bahwa sesui Perpu Nomor 2 Tahun 2020, Perpu tersebut dikeluarkan untuk menunda pelaksanaan pilkada serentak yang semula direncanakan 23 September menjadi 9 Desember 2020. 

Hal itu disebabkan adanya ancaman bencana nonalam pandemi Covid-19.

Kemudian dalam bimbingan teknis itu KPPS diberi pembekalan meliputi, penyampai C pemberitahuan-KWK kepada pemilih mengenai tempat dan pemilihan suara. 

Selanjutnya, pemungutan lokasi pemilih, pembuatan TPS, penerimaan surat mandat saksi dan surat tugas pengawas TPS, penerimaan logistik dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan penerapan protokol kesehatan Covid-19. 

Bimtek pembekalan KPPS itu dimulai pada 27 November sampai 1 Desember 2020 di 265 TPS pada 10 Kecamatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre