Breaking News

Bupati Mentawai Sebut Pokdarwis Adalah Ujung Tombak Pengembangan Wisata

Foto: Penyerahan bantuan terhadap perwakilan Pokdarwis di Kawasan Wisata Mapaddegat. Rabu, (23/12/2020).

MENTAWAI. FN- Objek Wisata sebagai daya tarik para Wisatawan, tentunya perlu dukungan dari pelaku atau pemandu wisata. Salah satunya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Maka melalui itu Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet menyebut Pokdarwis adalah ujung tombak dalam pengembangan Pariwisata di Kepulauan Mentawai. 

Pokdarwis juga sebagai pengerak atau pendukung Pariwisata di Kepulauan Mentawai lanjutnya diharap mampu berinovasi. Sehingga Pokdarwis kedepan hadir memberi contoh terhadap masyarakat lain dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di kawasan wisata. 

"Pokdarwis adalah ujung tombak dalam membantu pemerintah sesui dengan tujuan wisata yang kita harapkan," ungkap Yudas Sabaggalet usai acara penyerahan bantuan kepada Pokdarwis di Kawasan Wisata Mapaddegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora utara. Rabu, (23/12/2020).

Dengan Keamanan dan Kenyamanan itu lanjut Yudas hadirlah suatu pengalaman menarik bagi para Wisatawan balik apabila meninggalkan Mentawai. 

Melalui itu lanjutnya, terjadilah perputaran ekonomi bagi para Pelaku Wisata. Tentunya Pokdarwis dituntut dapat mendukung objek-objek wisata menjadi menarik, salah satunya kebersihan. 

"Jangan sampai nanti datang wisatawan banyak sampah bertebaran, tentu mereka tidak datang lagi," tambahnya.

Selanjutnya dikatakan, Kebersihan dan keramahtamahan masyarakat lokal menjadi hal paling utama dalam memberi kenyamanan bagi para Wisatawan. Dan ini merupakan hal paling utama di lakukan Pokdarwis.

Yudas Sabaggalet berharap dengan diberikan bantuan ini terjadilah peningkatan ekonomi bagi para pelaku usaha. "Jadi dengan bantuan ini terciptalah motivasi masyarakat dan selanjutnya kepada kita Pemerintah," terangnya.

Apabila Pokdarwis sudah kreatif dan inovatif, seperti kata orang Bali, orang diatas pesawat (Wisatawan Asing) itu hanya mengantar uang kepada kita disini, tutupnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Joni Anwar mengatakan sebelumnya Pokdarwis telah diberi berbagai pelatihan. Diantaranya, pelatihan kuliner dan pengelolan home stay. 

Bantuan itu diberikan kepada 3 Pokdarwis yaitu 1 Pokdarwis di kawasan Wisata Pantai Jati dan 2 Pokdarwis di Kawasan Wisata Mapaddegat. Masing-masing kelompok menerima 4 unit bantuan berupa tenda, meja-tempat duduk, estalase dan tenda tempat jualan. 

Pada acara penyerahan bantuan itu turut hadir Komandan Kodim 0319 Mentawai, Letkol Czi Bagus Mardyanto, Wakapolres Kepulauan Mentawai, Kompol B Simajuntak dan Kepala Kantor SAR Kepulauan Mentawai, Akmal beserta Jajaran. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre