Breaking News

Usaha Pemprov Sumbar Membangun Kecintaan Daerah


Padang (Sumbar), Figurnews.com

Selama kepemimpinannya, Irwan Prayitno dalam membangun Sumatera Barat tidak lepas dari kekuatan potensi ranah dan rantau sebagai bagian yang tidak perpisahkan dalam upaya memajukan pembangunan daerah.

Sumbar memiliki tatanan adat dan budaya yang kuat, peran ninik mamak, candiak pandai, alim ulama, bundo kanduang serta  kontribusi orang rantau adalah tanda cinta ke kampung halaman sebagai tanah lahirnya.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit bersama Kepala BNPB Doni Monardi menemui Gubernur Papua Lukas Enembe bersilaturrahmi, terkait kerusuhan Wamena, 29 September 2019 lalu.

Menumbuhkan kepedulian terhadap orang rantau, pemerintah provinsi Sumbar yang diwakilkan oleh Nasrul Abit, sampai di Wamena menyaksikan langsung bagaimana kondisi warga keturunan dan perantau minang yang mengungsi pascakerusuhan berdarah di Wamena.

Hal tersebut merupakan karena kepedulian terhadap masyarakatnya yang begitu kuat. 

Sesuai arahan Gubernur,  kunjungan ke Wamena untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi yang sebenarnya. Apakah situasi dan kondisinya sama dengan berbagai pesan dan informasi yang datang dengan sangat cepat. 

"Kami telah lihat keprihatinan ini, mengajak dunsanak ranah dan rantau membantu mereka agar kembali bangkit dan bersemangat. Ada yang ingin pulang kampung ada yang ingin bertahan dan ada ingin pindah antar daerah saja,” ungkap Nasrul Abit beberapa waktu lalu.

Menurut perkiraan, sebanyak ribuan warga asal Sumbar yang mengungsi ke kantor polisi dan markas tentara. 

Nasrul Abit pun mengunjungi warga yang mengungsi di Markas Kodim Wamena. Saat berbicara di depan ratusan warganya, Nasrul tak kuasa menahan air mata karena sedih melihat situasi saudara-saudaranya.

“Saya sengaja datang ke sini, dari Padang, menemui saudara-saudarayang ada di sini,” ungkapnya.

Tak kuasa menahan air mata, Nasrul harus menenangkan diri beberapa saat agar tidak terlalu larut dengan kesedihan. Nasrul ikut merasakan bagaimana kegelisahan masyarakat perantau Minang selama kejadian kerusuhan di Wamena.

Para pengungsi mencari tempat aman sehingga tidak sempat menyelamatkan harta benda miliknya. hampir seluruh pengungsi hanya membawa pakaian yang lekat dibadan saja saja karena harta benda termasuk rumah, kios sudah dibakar perusuh.

Keberanian Nasrul Abit, mendatangi daerah kerusuhan di Wamena, tentu saja karena rasa satu kampung. 

Kunjungan Wagub Nasrul Abit ke Wamena salah satu bagian dalam menumbuhkan rasa kecintaan daerah baik di ranah dan di rantau akan pentingnya menjaga nama baik, harga diri, martabat dan kebanggaan daerah memajukan kampung halaman, yang semua itu tidak terlepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre