Breaking News

Tidak Pakai Masker, 27 Warga Pasaman Barat Diberi Sanksi Sosial


Simpang Ampek,Figurnews.com

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kabupaten Pasaman Barat menggelar Operasi Tertib Masker (TibMask) di lokasi rawan keramaian masyarakat.

Kasatpol PP Pasbar, Abdi Surya mengatakan, Operasi Tibmask akan terus dilakukan sebagai upaya mencegah persebaran COVID-19 di masyarakat.

"Akan terus kami lakukan kegiatan operasi ini sebagai langkah untuk mencegah penyebaran COVID-19 khususnya bagi warga Pasaman Barat," Kata Abdi Surya, Selasa (10/11).

Dalam operasi tibmask yang dilakukan di Simpang Pasaman Baru, Abdi mengatakan, ada sebanyak 27 warga Pasbar yang terjaring. 

"27 orang tidak menggunakan masker dan kami beri sanksi sosial sebagai efek jera terhadap masyarakat yang masih membandel karena tidak memakai masker ketika bepergian keluar rumah.," ucapnya

Mereka yang terjaring razia oleh tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Polri, TNI, Dinas Perhubunan BPBD dan kejaksaan di Kabupaten Pasaman Barat ini terdiri dari 15 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.

"Kita melakukan razia yang tidak memakai masker berdasarkan Peraturan Daerah Sumatera Barat," sebut Kepala Bidang Penegakan Perundang-Undangan Daerah Satpol PP Pasaman Barat, Saparuddin, 

Ia mengatakan razia penerapan kebiasaan baru menggunakan masker itu sesuai Peraturan Daerah Sumbar Nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati Pasaman Barat Nomor 32 Tahun 2020.

"Razia kita lakukan di Simpang Pasaman Baru, Kecamatan Pasaman dalam rangka penerapan disiplin protokol kesehatan COVID-19 dan hari ini terjaring sebanyak 27 orang warga yang melanggar," katanya.

"Terhadap masyarakat yang tidak memakai masker ini, dikenakan sanksi kerja sosial dengan membersihkan jalan dan sisi trotroar dari sampah dan rumput," sambungnya.

Ia menjelaskan bagi warga yang terjaring dan terbukti sudah melanggar dua kali maka dikenakan sanksi denda dan pidana. Ia juga mengatakan pihaknya akan terus melakukan razia.

"Kita akan terus melakukan razia, hal ini kita lakukan agar masyarakat patuh menjalankan protokol kesehatan COVID-19 dengan memakai masker, sering mencuci tangan menghindari kerumunan," harapnya.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre