Breaking News

Sosialisasi Pengawasan Pemilu Pada Pilkada Calon Bupati dan Wakil Bupati Toba Tahun 2020.


Balige(Sumut),Figurnews.com

Tepatnya dihari peringatan Pahlawan, Komisioner Panwas Kecamatan Balige mengadakan sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama Uspika, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, ormas, lsm, perwakilan Lurah/Kepala Desa dan karang taruna serta para pemilih pemula. Adapun sosialisasi tersebut dilaksanakan di Hotel Nabasa-Balige, Selasa 10/11/2020.

Kata sambutan awal yang disampaikan oleh Bapak Galileo Simanjuntak selaku ketua  Panwas Kecamatan Balige. Beliau menghimbau kepada para peserta sosialisasi agar sekiranya untuk saling memahami materi yang akan disampaikan nantinya. Agar kita sebagai bagian dari unsur masyarakat dapat memiliki kesepahaman dalam hal pengawasan partisipatif. Harapannya Masyarakat juga bisa membantu sebagai perpanjangan tangan kami dalam hal pengawasan partisipatif pada setiap tahapan Pilkada nanti.

Disaat yang bersamaan juga Bapak Pantun Pardede selaku Camat Balige juga mengajak sekaligus menghimbau kepada para stakeholder yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini untuk bersama-sama saling memahami agar dapat satu kesepakatan bersama dalam hal pengawasan Partisipatif.

Pemilu merupakan pemilihan yang berkualitas. Untuk itu mari kita sama-sama mensukseskan perhelatan demokrasi ini secara baik. Dan juga tidak lupa agar tetap mematuhi aturan protocol covid-19 yang berlaku. Dan jangan sampai abai akan peraturan tersebut. Kita berharap agar kita masyarakat Toba, khususnya kecamatan Balige tidak lagi teridentifikasi covid-19 hanya dikarenakan ketidak taatan kita terhadap aturan dan peraturan yang berlaku.

Bapak P. Pardede Danramil Balige sebelum memberikan arahannya beliau mengingatkan bahwasannya hari ini merupakan hari Pahlawan, dimana kita ada dan bisa berdiri disini adalah bagian dari proses  perjuangan Pahlawan kita disaat itu. Maka dengan itu, ketika kita sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya yang merupakan lagu kebangsaan, kita seyogianya harus menyanyikannya dengan hikmat dan sikap sempurna. Hal ini merupakan bentuk penghargaan kita terhadap para Pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Bangsa kita ini.

Beliau juga menekankan dan mengajak bagi kawula muda, terkhusus pemilih pemula agar benar-benar memiliki hati yang bersih pada saat proses Pilkada nanti. Jangan mau tergoda dengan tawaran 300rb, agar memilih calon. Karena hal itu merupakan perbuatan yang tidak baik dan melanggar uu. Oleh karenanya hati yang bersih dan saling menjaga sikap kiranya Pilkada dapat terlaksana dengan Aman, Tertib dan Damai. Dan saya juga menghimbau agar Asn, TNI/Polri tidak terlibat dalam politik praktis yang dapat merugikan diri sendiri. "Tutur nya"

Hal senada juga disampaikan oleh Bapak Sitanggang yang merupakan perwakilan dari Polsek Balige. Beliau mengatakan Tugas dan Fungsi Bawaslu beserta jajarannya sudah berjalan dengan baik. Namun demikian, hal ini tidak menutup kemungkinan keterlibatan Bapak/Ibu peserta sosialisasi ini dalam hal pengawasan partisipatif.

Beliau juga menghimbau agar jangan bereforia dimasa Pandemi Covid-19 ini. Seperti contoh yang dilakukan oleh Team pemenang Paslon 2 di posko pemenang tadi malam. Beliau mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan dimusim Pandemi Covid-19 ini. Jangan nanti, karena kita tidak menaati peraturan, hingga membuat keluarga jadi korban. Terangnya.

Pilkada yang akan digelar nanti bukan hanya sebatas tanggungjawab Bawaslu dan Jajarannya. Namun, peran pengawasan partisipatif dari masyarakat  itu sangat penting. Demikian juga ditambah oleh Bapak Guntur Hutajulu sebagai Narasumber dari materi Pengawasan tersebut.

Siapa saja berhak melakukan pengawasan agar terselenggaranya Pilkada Damai, Aman dan Tentram. (ASM)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre