Breaking News

Pergi ke Mentawai Wajib Swab, Lahmuddin Siregar: Mesti Terencana

Foto: Jubir Kesehatan Percepatan Penanganan Covid-19 Mentawai, Lahmuddin Siregar saat konfrensi pers

MENTAWAI. FN- Dengan diterbitkannya surat edaran Nomor: 360/559/Bup-2020 tentang wajib swab tes bagi pelaku perjalanan ke wilayah kepulauan Mentawai. 

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar selaku Juru Bicara Kesehatan Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan bila ke Mentawai mesti terencana sebelumnya. 

Hal itu bertujuan agar masyarakat menuju ke Mentawai mesti pemeriksaan kesehatan bebas dari virus korona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

"Bila ke Mentawai supaya mengatur rencana perjalanan, misalkan jika kita tiga hari lagi berangkat, kita harus melakukan swab tesnya, artinya pas keluar hasil negatif Covid-19 kita dapat langsung ke Mentawai," ungkapnya saat konfrensi pers di ruang rapat Sekretaris Daerah Mentawai. Rabu, (18/11/2020).

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Laboraturium Kesehatan Fakultas Unand bahwa hasil sampel swab tes dapat keluar dalam waktu 48 jam. Tentunya hasil swab tes lebih cepat keluar dari pada waktu sebelumnya atau hanya dua hari.

Maka dengan singkatnya hasil swab tes keluar dengan diperkuat surat edaran tersebut, pihaknya dapat memperkecil ruang penyebaran Covid-19 di Mentawai. 

Dijelaskan Lahmuddin Siregar bahwa mesti ada dua sisi perlu dilakukan penguatan yakni memperketat pemeriksaan masuknya pelaku perjalanan ke Mentawai dan tetap melakukan testing terhadap masyarakat di dalam wilayah kepulauan Mentawai.

"Pemeriksaan itu dilakukan terhadap mereka yang rentan terjadi penularan, artinya bagi mereka yang sering berhubungan dengan publik," terangnya.

Sehingga apabila dua hal ini terus dilakukan lanjutnya, maka akan memperkecil penyebarsn Covid-19. 

Sesui surat edaran tersebut, pihaknya membuka layanan pemeriksaan swab tes di Kantor Penghubung Kabupaten Mentawai di Jalan Azizi Nomor 121 Andalas Padang pada 25 November 2020 mendatang. 

Layanan swab tes gratis itu dibuka bagi pelaku perjalanan ke Mentawai dalam waktu dua sift yaitu pada pukul 09.00 sampai 12.00 wib dan pukul 14.00 wib sampai 17.00 wib setiap hari. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre