Breaking News

Mara Ondak Sekda Pasaman Lakukan Pertemuan dan Peninjauan Lapangan Tata Batas Dengan Pemkab Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara


Pasaman(Sumbar)figurnews.com

Sehubungan dengan pembukaan jalan konektivitas antar daerah yang menghubungkan Kabupaten Pasaman dengan Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara, telah dilakukan pertemuan dan peninjauan lapangan tata batas kedua daerah yang berada di ruas jalan Rao – Padang Lawas.


Peninjauan bersama tersebut dilakukan berdasarkan surat dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Nomor 640/094/Pem-2020 tanggal 12 September 2020 tentang Peninjauan Bersama Tapal Batas Wilayah Kabupaten Pasaman dengan Kabupaten Padang Lawas.


Dari Pemkab Pasaman dipimpin oleh Sekretaris Daerah Drs. Mara Ondak yang didampingi oleh Kepala Bappeda, Kepala Dinas PUTR, Kabag Tapem, Kabid Eko-Inf Bappeda, Kabid CK DPUTR, beserta personil terkait tata ruang dll.


Pemkab Padang lawas dipimpin Langsung oleh Wakil Bupati drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM.,Msi, yang didampingi oleh Staf Ahli, Kabag Tapem, Kadis Kominfo, Kasat Pol PP, Sekretaris Bappeda dan sejumlah Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Padang Lawas.


Drs. Mara Ondak menyampaikan kepada media figurnews.com  bahwa Pelaksanaan peninjauan bersama dua kabupaten adalah untuk memposisikan titik koordinat yang ada pada RTRW masing-masing sebagai pedoman bagi kedua daerah untuk melakukan berbagai aktivitas di lokasi perbatasan.

Dalam pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas dibahas beberapa hal yaitu untuk batas daerah, disepakati dengan mempedomani ketetapan yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, tambah Mara Ondak




Merencanakan dan memulai pengaspalan jalan dikawasan perbatasan tersebut pada tahun 2021, Merencanakan penentuan titik pembangunan Gapura Batas Daerah di ruas jalan Rao – Padang Lawas, Menyepakati perlunya disediakan kawasan rest area dengan luasan ± 4 Ha diperbatasan tersebut untuk rencana pengembangan kawasan secara bersama-sama, ucap Mara Ondak.

" Dengan terbukanya akses konektivitas ini nantinya diharapkan menjadi penunjang peningkatan perekonomian masyarakat kedua daerah seperti mobilitas orang dan barang, akses pariwisata serta memperpendek jarak dan waktu tempuh antar ibukota kabupaten Pasaman ke Kabupaten Padang Lawas dan sebaliknya",Kata Mara Ondak


Mara Ondak menambahkan dalam silaturrahmi ini Pemkab Padang Lawas  menyetujui rencana penentuan pembangunan tapal batas wilayah Kabupaten Pasaman dengan Padang Lawas yang dalam garis besarnya antara Provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Mara Ondak juga mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Pasaman menyambut baik dan sangat setuju akan rencana penentuan tapal batas antara 2 Provinsi dan 2 Kabupaten.


"Sebab rencana ini sangatlah bermanfaat dimana nantinya masyarakat kedua Kabupaten dapat mengetahui lebih pasti tapal batas yang sebenarnya selain Kabupaten tetangga kita semua juga merupakan satu saudara dalam NKRI", katanya.

Meskipun begitu seharusnya rencana ini harus dibahas serta disampaikan kepada Gubernur secara pribadi saya tidak akan memaksa letak tapal batas namun mari kita tunggu hasil kesimpulan dari Mendagri jelasnya.


Mara Ondak juga mengharapkan hubungan baik 2 Kabupaten tetap terjalin bilamana letak tapal batas nantinya sudah ditentukan baik untuk perbaikan pertumbuhan perekonomian, pertanian dan perkebunan.

Selain menjaga keamanan dan ketertiban Daerah kita juga harus bergandengan tangan dalam memberantas Narkoba mengingat untuk keselamatan anak-anak selaku harapan Bangsa dan Negara serta secara jujur saat ini sudah banyak menjadi korban, tutup Mara Ondak.(Eq).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre