Breaking News

Kapolsek Sipora Ingatkan Sanksi Denda bagi Pelanggar Perda AKB

Foto: Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Sipora Selatan saat memberi himbauan terhadap warga Sioban

MENTAWAI. FN- Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Sipora Selatan menghimbau warga setempat agar mematuhi protokol kesehatan.

Sesui Peraturan Daerah (Perda) Adabtasi Kebiasaan Baru (AKB) Provinsi Sumatra Barat, Tim Satgas Covid 19 Kecamatan Sipora Selatan terdiri dari unsur Koramil, Polsek dan Pol PP melaksanakan himbauan serta penegakan disiplin masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah Covid-19.

Menurut Kapolsek Sipora, Iptu Donny Putra imbauan ini dilakukan mengingat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai akan menerapkan sanksi denda bagi pelanggar Perda AKB. Hal itu dilakukan sesui surat pemberitahuan Pemda Kepulauan Mentawai nomor 050/537/SETDA, tanggal 06 November 2020 di tandatangani Wakil Bupati, bahwa mulai 11 November 2020 ini di terapkan sanksi tegas bagi pelanggar Perda nomor 6 tahun 2020 yakni sanksi denda berupa uang.

Dalam menyampaikan himbauan itu lanjut Kapolsek, pihaknya mengingatkan masyarakat agar tetap memakai masker dan bila melanggar akan di kenakan sanksi mulai dari sanksi teguran, denda bahkan kurungan sesuai pasal 101 Perda nomor 6 tahun 2020.

Selanjutnya, memberikan himbauan terhadap pelaku usaha Kedai, Toko, Penginapan dan Pelaku usaha terkait agar menerapkan protokol kesehatan di tempat usahanya sprti menyediakan tempat cuci tangan, mewajibkan karyawannya serta pembeli atau tamu agar memakai masker, mengatur posisi agar tetap terjaga jarak di tempat usaha itu.

"Karena bila tidak mematuhi hal tersebut pelaku usaha akan mendapat sanksi mulai dari teguran, administrasi, denda bahkan kurungan," ungkap Kapolsek melalui pesan Whatshapnya. Rabu, (12/11/2020).

Pihaknya, memasang atau menempelkan tentang sanksi pidana bagi pelanggar perda nomor 6 tahun 2020 di kedai-kedai toko atau tempat usaha terkait. Kemudian memberikan tindakan disiplin terhadap warga bila ditemukan di jalan tidak menggunakan masker berupa hukuman fisik seperti pushup dan menyampaikan agar kedepan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Selama kegiatan berlangsung, tim Satgas melaksanakan dengan semangat baik berjalan kaki berkeliling pasar, dan juga berkeliling kampung dengan menggunakan sepeda motor sambil memberikan himbauan dengan pengeras suara atau Toa," tutup Kapolsek. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre