Breaking News

loading...

Bila Musim Hujan Datang, Tiga Rumah di Desa Tuapejat Ini Selalu Terendam Banjir

Foto: Rumah Kepala Dusun Kampung, Desa Tuapejat pasca Banjir semalam. Selasa, (24/11/2020).

MENTAWAI. FN- Tuapejat dan sekitarnya akhir-akhir ini diguyur hujan. Hal itu menjadi persoalan bagi tiga rumah di dusun Kampung, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pasalnya, rumah warga terendam air akibat tidak adanya saluran pembuangan.

Satu dari rumah Warga Tuapejat itu adalah rumah Kepala Dusun Kampung, Jalaludin. "Setelah mengamankan barang, Kalau hujan datang kita mesti siapkan buaian untuk tidur," ungkapnya saat ditemui figurnews.com di kediamannya. Selasa, (24/11/2020).

Menurutnya, tiga rumah terendam air disebabkan tidak adanya saluran pembuangan di area tersebut. Akibatnya, genangan air meluap hingga membanjiri rumah setinggi lutut kaki. 

"Kita telah usulkan untuk membeli pipa pembuangan air, namun belum direspon, membuat kita selama ini tidak nyaman menepati rumah," terang Jalaludin.

Menanggapi hal itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Mentawai, Novriadi mengatakan bahwa tim reaksi cepat (TRC) BPBD Mentawai telah menuju lokasi.

"Saya sudah tugaskan TRC kesana untuk memonitor, Jika air tidak surut, kita kerahkan pompa untuk menyedot," ungkap Novriadi saat dihubungi figurnews.com melalui pesan whatshapnya. 

Novriadi mengatakan bahwa dulu terdapat saluran pembuangan air di area tersebut. Namun sudah ditutup oleh pemilik tanah. 

Ia menyarankan kedepan adanya dialog antara Kepala Desa dan Kepala Dusun setempat untuk membahas tentang saluran pembuangan air agar kejadian itu tidak terulang kembali.

"Kalau tidak dilakukan maka setiap hujan lebat pasti ada genangan air terus," tutupnya. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre