Breaking News

3 Kabupaten Lepas Dari Kategori Tertinggal


Padang (Sumbar), Figurnews.com

Selama dua periode kepemimpinan Irwan Prayitno sebagai Gubernur Sumatra Barat, hal yang paling memberikan gambaran atas keberhasilan pembangunan daerah adalah membebaskan 3 daerah dari kategori tertinggal.

Berbagai macam upaya dilakukan dalam untuk percepatan pembangunan daerah tertinggal pada periode 2016-2021.

Gubernur Irwan Prayitno memberi wewenang khusus kepada wagub Nasrul Abit dalam mendorong kemajuan daerah tertinggal tersebut.

Tujuh  dari delapan daerah tertinggal pada  2010,  pada akhir 2019 lalu, hanya tersisa Kabupaten Kepulauan Mentawai saja, karena masih berada pada rangking 64 dari 62 kabupaten lepas dari kategori daerah tertinggal secara nasional.

Agustus 2019 menjelang peringatan hari Kemerdekaan RI. Sumbar mendapat hadiah istimewa, yakninya dua dari tiga kabupaten tertinggal, Pasaman Barat dan Solok Selatan dinyatakan lepas dari status itu.

Pembangunan Kab. Kepulauan Mentawai meningkat dari sebelumnya
Pada tahun 2014 berada pada rangking 114 nasional dari 137 daerah tertinggal.

Kepastian dari kabar tersebut didapatkan setelah salinan Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 79 tahun 2019 tanggal 31 Juli 2019 tentang penetapan daerah tertinggal yang terentaskan pada 2015-2019 sampai di provinsi itu.

Sejak terpisah dari kabupaten induk, tiga kabupaten tersebut memang harus berjuang untuk mengejar ketertinggalan demi mensejahterakan masyarakatnya.

Kab. Kepulauan Mentawai terpisah dari Kab. Padang Pariaman pada 1999. Pasaman Barat dimekarkan dari Kab. Pasaman pada 2003. Sementara Kab. Solok Selatan dimekarkan dari Kabupaten Solok pada 2004.

Sebagai daerah baru, tentunya fasilitas pun  serba terbatas. Kepala daerah pun harus mencari cara agar secepatnya memberikan kemajuan dalam berbagai bidang.

Tentu saja hal tersebut tidak mudah. Terutama karena APBD yang terbatas.

Setelah 15 tahun berdiri sendiri sebagai sebuah kabupaten sendiri. Tiga daerah tersebut belum mampu menyamakan kedudukan dengan kabupaten lain di Sumbar.

Untuk Pasaman Barat sendiri,  mengejar kesamaan dengan kabupaten asalnya, adalah sebuah perjuangan yang berat.
Tidak lain juga dengan Kepulauan Mentawai dan Kab. Solok Selatan.

Pada 2015, tiga kabupaten ini bersama 122 kabupaten lain di Indonesia ditetapkan sebagai daerah yang masih tertinggal di Indonesia 2015-2019 oleh Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden (perpres) Nomor 131/2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015–2019 yang ditandatangani pada (4/11/2015).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre