Breaking News

Tim UNP Mengadvokasi Pentingnya Peningkatan Literasi Lingkungan Hidup di Nagari Persiapan Lingkuang Aua Bandarejo


Pasbar,  Figurnews.com

Persoalan lingkungan hidup Indonesia dalam beberapa tahun terakhir semakin mengkhawatirkan. Misalnya, pada tahun 2019 Indonesia menjadi negara ketiga penghasil emisi gas rumah kaca di dunia setelah Amerika Serikat dan China. Posisi itu naik dari sebelumnya yang berada pada peringkat ke 6 (enam) tahun 2016. Pertahun 2016 saja, jumlah emisi karbon yang dihasilkan Indonesia sudah mencapai 2,4 miliar ton setara CO2. Sehingga perlu dilakukan edukasi terutama pada tingkat lokal untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup. Hal itu lah yang membuat Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang (UNP), menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Nagari Persiapan Lingkuang Aua Bandarejo di Kabupaten Pasaman Barat.

Dalam membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan tersebut, Hidayatul Fajri yang merupakan ketua Tim Pengabdian mengatakan bahwa perlu pendekatan baru agar pesan tersebut dapat ditangkap dan diterima oleh masyarakat.

“Perlu Meningkatkan literasi anak-anak dan remaja tentang lingkungan hidup (environmental literacy) agar mereka bisa menjadi agen lingkungan di tengah masyarakat nagari. Kami memilih literasi sebagai sebuah solusi dengan alasan bahwa di dalam mengubah kebiasaan diperlukan perubahan cara pikir lewat pengayaan pengetahuan yang nantinya membentuk kesadaran individu dan kelompok. Sehingga dengan kesadaran tersebut akan terbentuk kebiasaan baru. Namun begitu, di dalam melakukan literasi kami menyasar kelompok usia tertentu, yaitu anak-anak dan remaja. Pemilihan kelompok ini dengan alasan bahwa mereka merupakan kelompok yang relatif mudah untuk belajar pengetahuan-pengetahuan baru, membentuk kesadaran baru, dan mengkampanyekan kebiasaan baru”, ujar Hidayatul Fajri. 

“Kami menyebutnya sebagai Agen Lingkungan Zaman Now”, lanjutnya.

“Harapan kami tentunya literasi masyarakat Nagari Persiapan Lingkuang Aua Bandarejo tentang pentingnya menjaga lingkungan akan terbangun dan berdampak kepada perbaikan kondisi lingkungan di nagari ini. Selain itu, perlu rasanya untuk melembagakan komunitas Anak Pencinta Lingkungan oleh Nagari sehingga hal itu akan menginisiasi Nagari ini menjadi Nagari Berwawasan Lingkungan serta Nagari Layak Anak”, lanjutnya dalam pembukaan acara tersebut.

Kegiatan pengabdian ini selain diketuai oleh Hidayatul Fajri, S.AP., MPA beranggotakan Boni Saputra, S.AP., MPA dan Nila Wahyuni, S.AP., M.A.P, ketiganya berasal dari Jurusan Ilmu Administrasi Negara UNP. Sedangkan sebagai Narasumber adalah Drs. Karjuni Dt. Maani, M.Si, Iip Permana, ST., M.T dan Artha Dini Akmal, S.AP., MPA. 

Kegiatan dilaksanakan pada 25 September 2020 di Kantor Wali Nagari dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan dihadiri oleh anak-anak dan pemuda serta perangkat nagari dan tokoh masyarakat. Kegiatan dibuka oleh PJ Walinagari Mirzarefi, SE yang dalam sambutannya menyatakan sangat senang dengan kehadiran Tim Pengabdian UNP dan mendukung sepenuhnya peningkatan literasi lingkungan hidup anak-anak dan remaja di Nagari Persiapan Lingkuang Aua Bandarejo.

“Semoga dengan kegiatan ini, pengetahuan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan semakin meningkat. Apalagi pendekatan dengan pelibatan anak-anak sebagai agen lingkungan hidup merupakan hal yang baru dan patut dicoba”, ujar PJ Walinagari Mirzarefi, SE.

Adapun kegiatan pengabdian dari Tim ini selanjutnya akan dilakukan di Nagari Persiapan Mahakarya Kabupaten Pasaman Barat.

Dodi Ifanda

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre