Breaking News

Sejak Di-Upgrade menjadi 4G, Jangkauan Jaringan Ponsel di Bosua Terbatas, Tak Bisa PJJ

Foto: Tower Base Transceiver Stations di Desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan, Mentawai

MENTAWAI. FN- Sejak ditingkatkan (Upgrade) tower Base Transceiver Station (BTS) 2G menjadi 4G, Warga Desa Bosua mengeluh saat melakukan komunikasi menggunakan jaringan telepon seluler (ponsel). Ditambah setelah diupgrade menjadi 4G sebagai jaringan untuk mengakses internet saat ini tidak maksimal.

Menurut Sekretaris Desa Bosua, Arnold Effendi bahwa sejak di-upgrade tower BTS 2G menjadi 4G, Warga dusun yang berada jauh dari tower mengalami kesulitan untuk melakukan komunikasi dengan ponsel. Apalagi bagi murid, Siswa dan Mahasiswa dimana saat ini tengah menjalani Sekolah dan Kuliah secara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masing-masing rumah.

Hal itu menjadi persoalan baru bagi masyarakat setempat dimasa Pandemi Coronavirus Disease 2019 ini. "Setelah dipasang jaringan 4G untuk akses internet ini, jaringan untuk nelepon terbatas," ungkap Arnold kepada Wartawan di Kantor Desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan, Mentawai. Rabu, (07/10/2020).

Bahkan tambahnya, Warga Bosua selalu menanyakan persoalan itu ke pihak pemerintah desa. Sementara pemerintah desa tidak terlibat dalam pengurusan itu.

Arnold mengatakan, sebelum dilakukan peningkatan 2G ke 4G di BTS Bakti Kominfo itu, jangkauan jaringan seluler sangat luas hingga dapat menyentuh 6 dusun dari 11 dusun di Desa Bosua.

Namun saat ini berbeda lanjutnya, keterbatasan jangkauan sinyal pada handphone membuat banyak dusun tidak dapat mengakses jaringan telepon seperti di dusun Sao, Paguguk, Bosua utara, Katiet, dan Gobik.

Ia berharap kepada pengelola jaringan BTS Bakti Kominfo agar memperbaiki kembali BTS di desa tersebut. Apalagi menurut masyarakat setempat jaringan untuk telepon lebih penting.

"Sebenarnya dua-duanya penting, namun kalau kondisi seperti ini lebih penting jaringan untuk menelepon," tutupnya.

Sementara itu saat dihubungi figurnews.com melalui pesan whatshap, Kepala Bidang Informatika Dinas Kominfo Mentawai, Samuel Haratua Siswona hingga kini belum menanggapi.

Terdapat 1.727 jiwa penduduk tersebar di 11 Dusun Desa Bosua yakni, Dusun Bosua Utara, Bosua Selatan, Amunen, Maonai, Gobik, Tatanen, Mongan Bosua, Kairiggi, Katiet, Sao dan Paguguk. (ev) 


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre