Breaking News

Saat Ini BUMDes Matobe Bergerak Tanpa Modal

Foto: Tempat Sementara BUMDes Matobe

MENTAWAI. FN- Sejak dibentuknya kepengurusan baru Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Matobe pada bulan April 2020 lalu, BUMDes tetap optimis bergerak tanpa modal saat ini. 

"Program ini sifatnya sementara, untuk penyertaan modal BUMDes bagi pengurus baru dimulai pada tahun 2021 depan," ungkap Ketua BUMDes Matobe, Robert Santusman kepada figurnews.com di Desa Matobe, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jumat, (16/10/2020).

Ia menambahkan penyertaan modal BUMDes Matobe dengan dana tunai Rp100 juta pada tahun 2021 itu diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Salah satunya komoditi pada bidang pertanian di 6 dusun desa setempat. 

"Penyertaan modal senilai Rp100 juta itu nanti dibagi untuk biaya operasional dan biaya ATK senilai Rp40 juta, dan sisa Rp60 juta menjadi modal BUMDes untuk bergerak," ujarnya.

Saat ini dikatakan Rober, pihaknya berinisiatif mengelola aset BUMDes seperti dua mobil untuk dijadikan sebagai angkutan umum bagi warga setempat. Selanjutnya, hasil itu dimanfaatkan untuk membeli kelapa bulat masyarakat dengan harga Rp1500 per buah. 

"Jadi kami berupaya bagaimana menjaga dan merawat kondisi mobil ini sampai tahun depan, mobil ini baru sebulan diserahkan kepada kami," sebutnya. 

Pada tahun 2021 kedepan, BUMDes Matobe bernama Sikobbut itu berupaya agar komoditi hasil pertanian desa setempat bernilai jual. Kedepan pihaknya juga menjalin kerja sama dengan BUMDes tetangga yakni BUMDes Saureinu.

Disebutkannya hasil komoditi pertanian berupa kelapa, pinang dan pisang diupayakan terkelola dengan baik sehingga memiliki nilai jual. "Kita berupaya memasarkan komoditi pertanian dan kelautan ini dapat keluar dan terjual dari Mentawai," terang Robert.

Meski demikian lanjutnya, skema pemasaran diupayakan agar tidak bersaing dengan pengusaha kecil di desa setempat.

Sementara itu Bendahara BUMDes Matobe, Jainus mengatakan, pihaknya dapat mengumpulkan 3 ribu buah kelapa bulat 2 kali dalam seminggu. 

"Untuk tarif penumpang naik mobil BUMDes kami tidak patokan berapa ongkosnya," ujar Jainus.

Sekretariat dan gudang penyimpanan BUMDes saat ini belum tersedia. Pihak BUMDes kedepan akan memanfaatkan Fasilitas Pasar milik Dinas Koperasi dan Perdagangan (Koperindag) Mentawai di desa tersebut. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre