Breaking News

RaKer Teknis Panwascam Se-Kabupaten TOBA, Dan Pembentukan Pengawas TPS pada Pilkada Toba 2020



TOBA - FIGURNEWS.COM

Pada hari senin 12/10)2020 Bawaslu Toba melaksanakan tahapan Rapat Kerja Teknis dalam pembentukan Pengawas TPS se-Kabupaten Toba. Adapun kegiatan Raker yang di ikuti 48 peserta dari 16 kecamatan Se-Kabupaten Toba diadakan di Hotel Labersa Balige.

Pada kata sambutan Awal yang disampaikan oleh Bapak Thomson Manurung selaku kordiv. PHL Bawaslu Toba. 

Beliau menyampaikan kepada peserta Raker Panwascam Se-Kabupaten Toba agar lebih mencermati calon pelamar pengawas TPS. Kita harus lebih berhati-hati dalam memilih calon Pengawas TPS. 

Usahakan Pengawas TPS yang nantinya terpilih berdasarkan hasil Pleno Bapak/Ibu sekalian, harus berjiwa Nasionalis serta Pemberani dalam mengambil langkah dan kebijakan.

Sebab pengawas TPS merupakan ujung tombak demi suksesnya Pilkada nanti. Tutur Bapak Komisioner yang membidangi divisi pengawasan Senin (12/10/2020)

Hal senada juga disampaikan oleh Bapak Japarlin Napitupulu. ST. Dengan kata sambutan yang dimulai dengan menyorakkan yel.. yel.. Bawaslu : 

"Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.* Sekali lagi Bawaslu Kabupaten Toba menegaskan bahwasannya pengawas TPS adalah ujung tombak dari pengawasan Pilkada nanti.

Hal ini terlihat dari tugas wewenang dan kewajiban pengawas TPS. Sebagai seorang Pengawas TPS merupakan penentu: Pemungutan Suara, Pemungutan suara ulang, penghitungan suara, dan diterima atau tidaknya hasil kegiatan di TPS pada hari pemungutan suara.

Maka diharapkan bagi semua rekan-rekan pengawas kecamatan yang terlibat dalam pokja perekrutan agar lebih memperhatikan Juknis. 

Memang dari tahun ke tahun kita selalu kesulitan dalam mencari pelamar pengawas TPS. 

Hal ini disebabkan oleh ketatnya aturan daripada Juknis yang ada. Ditambah lagi adanya batasan usia minimal 25 tahun, dan juga persyaratan lulusan SMU Sederajat baru bisa melamar sebagai pengawas TPS. 

Sementara pada tingkatan desa kebanyakan "Mereka" yang baru lulus SMU biasanya selalu pergi merantau. Hal ini menjadi satu kendala bagi kita dalam hal menjaring calon Pelamar Pengawas TPS. Tutur Bapak Komisioner yang membidangi divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa (HPPS). Senin (12/10/2020)

Dalam hal ini juga beliau berpesan kepada para Panwascam untuk tetap maksimal dalam menjaring calon pelamar pengawas TPS.

Terkhusus bagi daerah perbatasan, beliau mengingatkan agar pengawas TPS yang terpilih nantinya bisa mobile, dalam artian bebas bergerak. Untuk kecamatan Ajibata, Nassau dan Tampahan mohon diperhatikan calon pengawas TPS yang berada pada desa perbatasan. Hal ini guna mengantisipasi kecurangan, ataupun hal yang tidak diinginkan terjadi pada Pilkada nanti.

Disaat bersamaan juga Bapak Romson Poskoro Purba selaku ketua Bawaslu Kabupaten Toba dalam kata sambutannya, beliau berpesan agar setiap komisioner pengawas kecamatan yang terlibat dalam pokja perekrutan. 

Terkhusus bagi divisi OSDM untuk terlebih dahulu memahami Surat Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia nomor: 0329/K.Bawaslu/HK.01/00/IX/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilihan 2020. Kita wajib berpedoman surat keputusan tersebut, sebagai acuan juknis dalam perekrutan calon pengawas TPS..

Ada 2 hal yang tidak boleh di Tawar yakni; syarat batasan usia dan juga ijasah terakhir. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan dan disikapi secara bersama. Tutur Bapak Ketua Komisioner Bawaslu Toba yang sekaligus membidangi divisi OSDM tersebut.

Beliau juga menghimbau kepada Bapak/Ibu yang terlibat dalam pokja perekrutan pengawas TPS, agar menjaring calon pengawas TPS yang benar-benar memiliki Intregritas. 

Mari kita sama-sama untuk tidak menyia-nyiakan uang yang telah dihibahkan negara kepada kita demi mensukseskan perhelatan pesta demokrasi terkhusus pada Pilkada di kabupaten Toba ini. Maka dari itu, mari bekerja sunguh-sungguh sesuai dengan aturan juknis yang ada. Suksesnya Pilkada yang akan datang, tidak terlepas dari peran pengawas TPS, sebagai Ujung Tombak bagi kita sebagai pengawas pemilu. (B.S)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre