Breaking News

Plt. Bupati Humbahas Sampaikan Nota Pengantar RAPBD 2021 Sebesar Rp 1 Triliun




Doloksanggul  - Figurnews.com

Plt.  Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora sampaikan Nota Pengantar RAPBD 2021 sebesar Rp 1.014.569.625.743 dalam rapat paripurna DPRD Humbahas, Senin (07/10) di Kantor DPRD Humbahas Kompleks Tano Tubu Doloksanggul.

Rapat paripurna itu dipimpin Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumbangaol, SH dan dihadiri Wakil Ketua DPRD Humbahas Labuan Sihombing serta Wakil Ketua DPRD, Marolop Manik dan dihadiri 22 Anggota dari 25 Anggota DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan. 

Paripurna ini  juga dihadiri Forkopimda, Kajari Humbang Hasundutan diwakili oleh Kasi Pidum, Hendra Sinaga, SH, Dandim 0210/TU yang diwakili Pabung 0210/TU Mayor Wasno, Sekretaris Daerah, Drs. Tonny Sihombing, MIP, Plt. Ketua TP PKK Ny Tiur Mariati Saut Parlindungan Simamora, Ketua DWP, Ny. Marista Tonny Sihombing, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat  dan sejumlah Pimpinan OPD.

Plt.  Bupati Humbahas dalam nota pengantar menggambarkan bahwa rancangan APBD 2021 dari sisi pendapatan mengalami penurunan dibanding RAPBD Tahun 2020. Dimana APBD 2021 sebesar Rp 987.621.963.671. Sedangkan Rancangan APBD 2020 mencapai Rp 1.052.445.688.150 atau turun sebesar 6.16 %. Dan PAD masih didominasi sumber pendapatan transfer Pemerintah Pusat. Disisi lain, gerak untuk memperkuat kapasitas fiskal melalui peningkatan PAD dari sektor pajak daerah, retribusi dan lain-lain pendapatan yang sah dimasa Pandemi Covid-19 sangat terbatas. 

Sesuai Surat Keputusan bersama Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri nomor 119/2813/SJ dan Nomor 117/KMK.07/2020 tentang Percepatan Penyesuaian APBD Tahun 2020 dalam rangka Penanganan Covid-19 serta Pengamanan Daya Beli Masyarakat dan Perekonomian Nasional, mengamanatkan agar Kepala Daerah melakukan Penyesuaian Pendapatan Asli Daerah dengan memperhitungkan Potensi Pajak dan Retribusi Daerah serta Tingkat Inflasi yang berdampak terhadap menurunnya kegiatan perekonomian dan mempengaruhi target pajak dan retribusi daerah.

Disampaikan juga bahwa penyusunan Rancangan APBD TA. 2021 ini telah disusun menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), yang servernya ada pada Kementerian Dalam Negeri. Secara bertahap juga masih dalam proses pengembangan/ maintenance, oleh karena itu dalam penyusunannya kemungkinan masih mengalami kendala dan akan memperlambat proses finalisasi penyempurnaan setelah pembahasan dengan DPRD. Namun demikian, kami akan tetap mengupayakan agar penyusunan APBD TA. 2021 ini patuh dan taat terhadap waktu penyusunan sebagaimana diatur oleh Perundang-undangan.

Sebelum penyampaian Nota Pengantar, Ketua DPRD Ramses Lumbangaol, SH menyampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa berfikir positif dalam mengapresiasi kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Segala kebijakan yang dituangkan dalam RAPBD TA. 2021 akan dibahas oleh pemerintah bersama DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan.

Ramses juga mengajak rekan-rekan anggota DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan untuk memberikan perhatian yang serius dan sunguh-sungguh terhadap Ranperda tentang APBD Tahun Anggaran 2021, sehingga keputusan yang ditetapkan menjawab serta memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat. (B.S)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre