Breaking News

Penataan Kawasan Wisata Goisooinan, Pemdes Siapkan Solusi Sampah Kayu di Pantai


Foto: Karya Bakti Satkowil menjelang HUT ke75 TNI, Camat dan Pemdes Goisooinan

MENTAWAI. FN- Sampah kayu menjadi persoalan bagi kawasan wisata pantai di Desa Goisooinan. Kendala ini menjadi penghalang bagi penyajian keindahan kepada para pengunjung.

Terlebih ketika datangnya badai, banyak sampah kiriman seperti sampah kayu maupun plastik dihempas ombak ke pinggir pantai. Melalui itu, Pemerintah Desa (Pemdes) mempersiapkan beberapa hal untuk memberi solusi untuk persoalan tersebut. 

Menurut Kepala Desa Goisooinan, Hasan Basri bahwa pihaknya bersama Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) kedepan membentuk kelompok atau petugas untuk membersihkan pantai dari sampah.

"Ketika banyak sampah berdatangan kita mengadakan gotoroyong bersama masyarakat untuk membersihkan pantai dari sampah, namun ini kita sudah limpahkan kebumdes, meskipun belum maksimal," ungkapnya kepada Wartawan saat karya bakti menjelang HUT ke75 TNI. Sabtu, (03/09/2020).

Kedepan dikatakan Hasan Basri, Pemdes terus melakukan penataan infrastruktur seperti penataan portal dan posko serta membangun tempat sanitasi.

Selanjutnya, Jalan pantai menggunakan Paving Block diupayakan terus membentang hingga 400 meter di lokasi wisata pantai. Lalu penataan tempat bersantai yang dapat memanjakan pengunjung. "Pembangunan ini berlanjut setiap tahun," ujarnya.

Untuk luas wilayah kawasan wisata desa Goisooinan saat ini sekira seribu meter hingga ke lokasi wisata alam air mancur di Pajujurung.

Sementara itu, Camat Sipora Utara, Marsen Taileleu apresiasi kegiatan Desa Goisooinan. Pasalnya, saat ini pola pikir masyarakat telah berubah.

"Ternyata saat ini masyarakat kita sudah mulai berubah pola pikirnya, tentunya kita dukung, apalagi tahun depan pembangunan ini selalu kita tingkatkan," sebut Marsen.

Malahan lanjut Marsen, belum selesai saja infrastrukturnya sudah dikunjungi masyarakat dari desa lain di wilayah kecamatan Sipora utara. Tentu ini menjadi kesempatan bagi desa setempat untuk memanfaatkan kesempatan yang ada.

Pihak kecamatan selalu memotivasi setiap desa memiliki gagasan dan ide untuk membangun potensi wisata di Sipora utara. Salah satunya di Desa Tuapejat terdapat dua Destinasi Wisata seperti di dusun Mapaddegat dan dusun Jati. 

"Kita selalu mendukung desa-desa di kecamatan sipor utara untuk menjadi contoh bagi desa-desa lain di wilayah kita," terang Marsen Taileleu. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre