Breaking News

loading...

Pandemi Covid-19, Layanan Puskel di Mentawai Jemput Minat Baca ke Sekolah

 

Foto: Staf Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mentawai

MENTAWAI. FN- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kepulauan Mentawai tetap mendorong minat baca buku bagi pelajar. Upaya itu dilakukan dengan cara melaksanakan pelayanan Perpustakaan Keliling (Puskel) ke setiap sekolah.

Pelayanan Puskel itu dilakukan ke Setiap Sekolah di wilayah kecamatan Sipora utara, kabupaten kepulauan Mentawai. Hal itu dimaksimalkan dari sebelumnya mengingat banyaknya sekolah melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

"Kami melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah, karena para pelajar di masa pandemi Covid-19 ini melaksanakan PJJ, hal itu dilakukan pihak sekolah agar tidak terjadi perkumpulan," ungkap Kepala Seksi Layanan dan Otomasi Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mentawai, Mangara Leonardo kepada figurnews.com diruangannya. Selasa, (20/10/2020).

Setiba di lingkungan sekolah lanjutnya, pelayanan Puskel dilakukan kepada pelajar dengan cara meminjamkan buku. Peminjaman buku diserahkan terhadap pelajar dalam jangka waktu seminggu. 

"Ketika mereka terima tugas dari guru untuk PJJ pada hari senin, kita pinjamkan buku, senin depan mereka kembalikan, dan mereka dapat ambil buku lain," ujarnya.

Sejak masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada bulan April hingga Mei 2020 lalu. Tepatnya pada bulan Juni, pihaknya mempersiapkan berbagai macam jenis buku untuk kebutuhan pelajar dengan sistim PJJ. Maka Puskel dimulai pada bulan Juli 2020 lalu hingga sekarang di masa Adabtasi Kebiasaan Baru (AKB).

Sementara itu, Tenaga Teknis Perpustakaan, Adi Suswanto menyampaikan peminjaman buku kepada Pelajar rata-rata diberikan sebanyak seribu per minggu. Buku itu diangkut menggunakan 2 mobil Puskel dengan kapasitas 800 ribu buku per mobil. Kemudian ditambah dengan bentor dengan kapasitas 400 ribu buku per trip.

Saat ini terdapat 6 Sekolah di kecamatan Sipora utara yang dapat dijangkau layanan Puskel yakni, SMAN Plus Setia, SDN 23 Tuapejat, SDN 17 Tuapejat, SD Cahaya Bangsa, SMPN 2 Sipora dan SD Santo Petrus. Sedangkan untuk SMAN 2 Sipora bisa dapat langsung meminjam di Perpustakaan.

Adi Suswanto menyampaikan, untuk Sekolah di wilayah Sipora selatan, memang direncanakan pada tahun 2020 ini. Namun sejak masuknya wabah Covid-19 di Mentawai rencana itu harus tertunda hingga kondisi dan situasi pulih kembali.

"Jadi rencananya kita akan mendirikan stand baca di dua lokasi di Sioban, kecamatan Sipora selatan yakni SMPN 1 Sipora dan SMAN 1 Sipora selama 4 hari, namun karena PSBB lalu, kita tidak dibolehkan untuk mengumpulkan banyak orang sehingga tertunda," terangnya. (ev) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre