Breaking News

Mengais Rezeki di Dasar Sungai Saureinu

Foto: Sekelompok Warga Saureinu saat memindahkan pasir ke daratan dari perahu

MENTAWAI. FN- Sejumlah warga desa Saureinu, kecamatan Sipora selatan, kabupaten kepulauan Mentawai mengais rezeki di dasar sungai. Pengambilan pasir di dalam sungai itu dilakukan demi membiayai sekolah dan kuliah anak mereka. 

"Kami mengambil pasir menggunakan perahu pada tiga titik di sekitar 100 hingga 300 meter dari lokasi tempat pengumpulan pasir ini," ujar Jobasan Samangilailai (60) di dusun Maingili, desa Saureinu saat ditemui figurnews.com di lokasi. Jumat, (23/10/2020).

Ia mengatakan dalam satu hari pihaknya dapat mengumpulkan pasir 1,5 kubik per orang. Pasir itu dibeli pelanggan dengan harga Rp300 ribu per kubik. Pengambilan dilakukan secara berkelompok dengan jumlah 7 orang.

Sementara itu, bapak dan ibuk itu dapat mengambil pasir tiga kali dalam seminggu. "Kami mengambil pasir berkelompok, apabila ada pesanan sebanyak 30 kubik kami bagi itu dengan kelompok lain, artinya 30 kubik dibagi 6 kelompok," terangnya.

Ditempat yang sama, Sartina (54) mengatakan bahwa ia dapat mengumpulkan pasir sehari sebanyak satu kubik per hari. 

Pengambilan pasir sungai itu dilakukannya dengan cara mengais ke dasar sungai menggunakan cangkul.

Diakatakannya, Hujan merupakan emas bagi sekolompok bapak-ibuk itu ketika mengambil pasir. Pasalnya, ketika hujan pasir di dasar sungai banyak berkumpul. Tentu itu menjadi kemudahan bagi mereka untuk mengambil pasir.

"Saat ini anak saya kuliah, tentu butuh biaya besar, kita lakukan ini agar anak kita tetap sekolah dan kuliah, apalagi saat ini anak saya dua orang kuliah," ujarnya ibu 5 orang anak itu. 

Dia berharap dengan kerja keras ini mampu membuat anak-anak mereka sukses nantinya. Tentunya tidak seperti mereka. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre