Breaking News

Dinkes Catat Ada Sebanyak 29 Damiu di Mentawai

Foto: Pemeriksaan Sampel di Damiu J5 di Desa Bukit Pamewa SP-III, Sipora Utara.

MENTAWAI. FN- Depot Air Minum (Damiu) merupakan salah satu usaha industri bergerak di bidang pengolahan air baku menjadi air minum dijual langsung pada konsumen untuk dikonsumsi.

Air baku yang dimaksud merupakan air yang belum diproses atau yang sudah diproses menjadi air bersih layak konsumsi karena sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan.

Proses tersebut harus didukung oleh kinerja mesin dan peralatan pengolahan air minum. Air baku harus diolah hingga sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan nomor 907/Permenkes/SK/VII/2002.

Menurut Kepala Dinas (Dinkes) Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar tercatat saat ini ada sebanyak 58 usaha industri Damiu di Mentawai. 

"Dalam setahun kita melaksanakan pemeriksaan damiu dua kali, sekali dari kita dan sekali dari usaha damiu itu," ungkapnya saat ditemui figurnews.com diruangannya. Selasa, (13/10/2020).

Lahmuddin Siregar mengatakan pemeriksaan gelombang pertama telah dilaksanakan petugas kesehatan lingkungan masing-masing wilayah di 15 Puskesmas di Mentawai. 

"Disini kita hanya mengambil sampel saja, untuk pemeriksaan sampel air langsung di laborturium kesehatan padang," terangnya. Selanjutnya, Proses pengambilan sampel air itu diantaranya pengambilan air baku dan air yang telah diolah.

"Sampel air itu disimpan ditempat yang telah disediakan, jangan sampai air yang diambil menjadi tercemar sebelum diperiksa dan itu sesui tata cara pengambilan sampel," paparnya. 

Lahmuddin menyebutkan 29 Damiu itu tersebar di 9 Puskesmas yakni di Puskesmas Sikabaluan 2 depot, Puskesmas Muara Siberut 5 depot, Puskesmas Saibi 1 depot, Puskesmas Peipei 3 depot, Puskesmas Mapadeggat 7 depot, Puskesmas Sioban 2 depot, Puskesmas Sikakap 7 depot, Puskesmas Saumanganyak 1 depot dan Puskesmas Bosua 1 depot. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre