Breaking News

Sosialisasi Tahapan Pilgub Tahun 2020, Danramil 03 Sipora: Tetap Perhatikan Prokes Covid-19

Foto: Komandan Koramil 03 Sipora, Kapten Inf J Sihaloho bersama Sekretaris Panwascam Sipora Utara, Janti Saleleubaja

MENTAWAI. FN- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat pada 09 Desember 2020 mendatang. Komandan Koramil 03 Sipora menyebutkan selain mengawasi tahapan Pilgub, Pawaslu mesti memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 masyarakat di wilayah pulau Sipora.

Hal itu disampaikan Danramil 03 Sipora, Kapten J Sihaloho didampingi Serda Subroto pada sosialisasi tahapan Pilgub tahun 2020 di Aula Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sabtu, (17/10/2020).

"Masa pandemi Covid-19 ini, panwaslu bukan saja menjalani tugas pokok sebagai pengawas pelaksanaan pencoplosan di TPS, tapi tidak kalah penting juga melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Prokes pada setiap tahapan pilkada," ungkap Kapten Inf J Sihaloho kepada Wartawan melalui pesan Whatshappnya.

Ia menambahkan Prokes merupakan cara untuk melakukan pencegahan dini dengan cara tetap menggunakan masker, cuci tangan dengan air bersih dan petugas melakukan pengecekan suhu tubuh peserta Pilgub mendatang.

Saat peserta pemilu melakukan pencoblosan dikatakannya tugas panwaslu berlipat ganda sebagai pengawas di TPS terkait adanya penyimpangan dan pelanggaran. Namun juga tetap memperhatikan pengawasan pelaksanaan Prokes Covid-19.

Ditegaskan Danramil 03 Sipora saat pelaksanaan pencoblosan tentu Panwaslu di dampingi prajurit TNI-AD, maka dihimbau agar tetap natral.

"Kami prajurit TNI-AD sebagai koramil 03 pulau sipora wajib dan tetap menjaga netralitas prajurit TNI-AD, koramil 03 sipora tidak boleh terlibat politik praktis," tegas Kapten J Sihaloho.

Selanjutnya Danramil 03 Sipora itu mengatakan akibat mewabahnya penyebaran virus korona di tengah masyarakat dimana sasaran yang di timbulkan bukan saja nyawa manusia tapi berdampak terhadap hancurnya ekonomi masyarakat.

Diakuinya sejak masuknya wabah virus korona di Mentawai, khususnya di pulau Sipora banyak berimbas terhadap ekonomi. Ditambah dengan melemahnya kaum milenial saat ini. Salah satunya di bidang pendidikan.

Kemudian menyasar ke bidang Pariwisata dimana banyaknya wisatawan asing tidak dapat ke Mentawai. Apalagi ekonomi masyarakat banyak bersumber dari Pariwisata. "Korona ibarat setan menyerang manusia yang mencabut nyawa mereka," paparnya.

Ia menyampaikan kepada jajaran panwaslu agar tidak bimbang dan ragu dalam menjalankan pengawasan Pilgub dan pengawasan Prokes Covid-19. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre