Breaking News

Bupati Solok Ingatkan Netralitas ASN


Arosuka,Figurnews.com

Netralitas para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini menjadi perhatian serius Bupati Solok, Gusmal. Menurutnya, netralitas ASN diperlukan dalam mewujudkan pilkada yang berkualitas. Pilkada yang aman, damai dan nyaman.

Sekalipun sulit untuk mewujudkan sikap netralitas itu, ia berharap setidaknya ASN mampu meminimalisir ketidaknetralan / keberpihakan. Karen keberphakan iini sangat mengganggu pelayanan publik. ASN kerap tak berada di kantor pada jam pelayanan karena sedang mengikuti kampanye.

“Jika ada ASN kita yang berpihak terang-terangan kepapada calon tertentu, ini menandakan ketidakyakinan  ASN itu terhadap kemampuan dan potensi diri pribadinya,”ujar Gusmal di Ruang Solok Nan Indah, Kamis  (22/10/ 2020).

Jika ini dibiarkan katanya, ini akan membuat pemerintahan menjadi lemah. Karena keberpihakan ASN dalam memenangkan pasangan calon (paslon) kepala daerah menjadi salah satu penyebab munculnya pejabat tak berkualitas. Pejabat yang diangkat seringkali  tidak memenuhi standar kompetisi, karena pengangkatannya didasarkan pada “balas jasa” kepala daerah yang terpilih tersebut. Banyak ASN yang akhirnya dipromosikan  mendapat jabatan karena dianggap berjasa.

Berdasarkan fakta ini, ia berharap pengawasan dari bawaslu lebih ditingkatkan, ia juga ingatkan bahwa sanksi terhadap ASN yang melanggar pada pelaksanaan pilkada tahun ini lebih keras dibanding pilkada tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu,Andri Junaidi, MH memaparkan, indikasi keterlibatan ASN terhadap keberpihakan pada calon tertentu  hingga saat ini sudah cukup tinggi dan berkemungkinan masih akan terus meningkat.  Untuk itu ia berpesan agar ASN lebih berhati-hati dalam masa kampanye ini dan bijak  dalam penggunaan sosial media.

“Sedangkan untuk indikasi kerawanan pemilu, sudah  KPU dan Bawaslu jauh-jauh hari  sebelum ini telah melakukan kajian dan telah meminimalisir kemungkinan buruk yang akan terjadi dalam pelaksanaan pilkada,”kata Andri Junaidi.(ayu)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre