Breaking News

UNP Paparkan Strategi Pengelolaan Bumnag Nagari Persiapan Lingkuang Aua Bandarjo


Pasaman Barat, Figurnews.com

Kementrian pendidikan dan kebudayaan RI Universitas Negeri Padang lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat LP2M berikan penyuluh Strategi pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari (BUM-Nag) di Kantor Wali nagari persiapan Lingkuang Aua Bandarjo Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Senin.

Narasumber Aldri Frinaldi ,S.H.,M.Hum Membahas tentang pelayanan publik (BUM-Nag) dia menerangkan Bagaimana cara membangun BuM Nag ,melakukan analisis Swot untuk mendapatkan straregi efektif dalam mengelola Bum-Nag .


Ia menjelaskan bahwasanya  model pengelolaan Bum-Nag maupun di bidang pengelola usaha, hubungan kerja ,pembinaan dan pemberdayaan ,wilayah kerja, dan bentuk badan usaha yg di inginkan masyarakat untuk memulai usaha nya .terangnya nara sumber itu

Pada kesempatan tersebut juga membahas sebelas agenda yang sangat di perlukan dalam pengolahan BUM-Nag yaitu memahami  potensi, karakteristik, memahami kebutuhan masyarakat, tata cara pengelolaan ,desain model, mendiseminasikan, mendiskusikan dan yang mencakup dalam pengembangan dasar yang mempengaruhi dalam satu usah yang di inginkan melalui BUM-Nag .

Jenis Usaha BUM-Nag ada unit pasar,perdagangan,simpan pinjam,jasa pelayanan ,pertanian ,perternakan,perikanan,pariwisata dan unit lainya .

Boni saputra S.AP .,MPA sebagai ketua team pengabdian  sebagai anggota Hidayatul fajri S.AP.,MPA nara sumber ALDRI Frinaldi .S.H MHUM.,PH.D dan Jumiati MS.I.

Acara ini di laksanakan di kantor nagari persiapan lingkuang Aua Bandarjo beralamatkan dusun dua kejorangan bandarjo nagari Lingkuang Aua kecamatan pasaman kabupaten pasaman barat.

 Kegiatan ini sebagai pengabdian di sambut bahagia oleh masyrakat setempat dan sangat berguna apa lagi materi nya mengcakup Peningkatan capacity building aparatur nagari dalam upaya persiapan pembentukan badan usaha milik nagari .

Acara kegiatan ini di buka secara resmi oleh bapak PJ walinagari persiapan lingkuang Aua bandarjo Mirzarefi,SE dan di dampingi oleh staf nagari lingkuang aua bandarjo. Syafril mulia,A.Md kaur Ekbang Erma Dwi Ningsih, Kaur Kesra, kepala jorong,kepala dusun dan sejumlah warga, tetap mematuhi protokol kesehatan pakai Masker jaga jarak, cuci tangan.

Terkini perkembangan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) di Pasaman Barat belum optimal, karena kurangnya kapasitas pengurus dalam pengelolaan Bumnag.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat terus mendorong agar BUMNag ini dapat berkembang. Apalagi, Bumnag ini diharapkan ke depan menjadi tulang punggung bagi setiap nagari

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre