Breaking News

Tak Terdata di DPS, KPU Pasaman Barat Minta Warga Laporkan Diri


Sebanyak 259.329 DPS Diumumkan, KPU Pasbar Minta Tanggapan Masyarakat.

Pasaman Barat, Figurnews.com

Jika ada warga yang tak terdata di Daftar Pemilih Sementara (KPU) pada Pilkada 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat warga segera melaporkan diri.

Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Pasaman Barat Alharis hari ini minggu saat  mengungumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Minggu (20/09/2020).

Pengunguman DPS  disampaikan dengan cara melakukan penempelan DPS pada sejumlah tempat. Baik di setiap kantor wali nagari sampai pada sejumlah tempat yang ramai dikunjungi warga.

"Mari bersama kita sukseskan pilkada dengan berperan aktif cek data DPD"

pengumuman DPS telah disampaikan secara terbuka di tempat-tempat strategis oleh PPS. Yakni di TPS masing-masing wilayah nagari dan di Kantor Wali Nagari se Pasbar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Pasaman Barat Umumkan Daftar Pemilih Sementara (DPD) Pilkada 2020 sebanyak 259.329 jiwa.

Komisi Pemilihan Kabupaten Pasaman telah tetapkan Daftar Pemilihan Sementara (DPS) untuk  Pilkada Desember 2020 mendatang, sebanyak 259.329 jiwa.

Dan data sementara Laki-laki sebanyak 128.883 jiwa dan perempuan 130.446 jiwa yang tersebar di 11 kecamatan dengan jumlah TPS 1.034,

Kami berharap kepada masyarakat agar dapat mencermati DPS yang diumumkan KPU Pasbar. serta melihat apakah sudah terdaftar di Daftat Pemilih Sementara.

"Jika belum terdaftar segera datangi posko pelayanan tanggapan masyarakat baik tingkat PPS, PPK atau KPU Pasaman Barat dengan membawa KTP dan KK mulai 19 sampai 28 September 2020," ucapnya.

Alharis menambahkan DPS bisa saja akan berubah belum valid makanya kami menunggu proses perbaikan menuju Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang lebih sempurna.

"Untuk jadwal DPT dilaksanakan 9 sampai 16 Oktober 2020," ujarnya.

Kami sangat mengharapkan keaktivan masyarakat dalam memantau dan mencermati DPS. Jika tidak ada nama di dalamnya segera laporkan kepetugas. jelasnya.

Dari DPS yang diumumkan Kecamatan Pasaman merupakan kecamatan yang tertinggi jumlah pemilihnya, yakni 43.611 jiwa,Kecamatan Kinali 42.438 jiwa dan Kecamatan Lembah Melintang sebanyak 29.542 jiwa.

Disebutkan, tahapan selanjutnya adalah menunggu tanggapan masyarakat terhadap DPS hingga  28 September 2020. Untuk itu KPU meminta kepada seluruh masyarakat Pasbar untuk dapat mencermati serta mencek DPS yang telah diumukan, apakah sudah terdaftar atau belum. 

“KPU masih menunggu tanggapan masyarakat. Dan apabila belum terdaftar dapat menghubungi dan melaporkan kepada petugas kami di Posko Pelayanan tanggapan masyarakat baik tingkat PPS, PPK atau KPU Pasbar dengan membawa KTP dan KK mulai tanggal 19 hingga 28 September 2020, “terangnya..

Dijelaskan, DPS merupakan data awal yang butuh proses masukan dan tanggapan dari masyarakat untuk menuju Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang lebih sempurna. Maka sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan dilaksanakan 9 - 16 Oktober 2020, masih ada Tahap Perbaikan DPS oleh PPS dari tanggal 29 September – 3 Oktober  2020.

Adapun tahapan berikutnya adalah Rekapitulasi dan penyampaian DPS hasil perbaikan 4 -6 Oktober 2020. Rekapitulasi dan penyampaian DPS hasil perbaikan tingkat kecamatan kepada KPU Kabupaten/Kota  7 -9 Oktober 2020 dan Rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat kabupaten/kota untuk ditetapkan sebagai DPT 9 – 16  Oktober 2020.

Sementara Ramayulis,Warga Bukit Nilam Nagari Aua Pasbar mengatakan bahwasanya ia sudah terdata pemilih petugas PPDP Coklik di TPS 41 Aua Kuniang.

Ia mengajak warga untuk mengecek nama  pada DPS yang telah ditempelkan. Supaya pemilih bisa mengokoreksi data diri kalau ada yang keliru.

“Ketiga, kalau ada pemilih yang sudah memenuhi syarat, tapi belum terdaftar, segerlah mendaftarkan ke PPS,” ucap Ramayulis.

Jika ada pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Jika ditemukan ada pemilih TMS dan masih terdaftar, maka diminta hal itu segera dilaprokan ke PPS setempat.

“Semua jajaran adhoc dan KPU harap memposting di Medsos masing-masing, supaya bisa dikabarkan ke khalayak tentang pengumuman DPS tersebut,” katanya.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre