Breaking News

Satu Personel Polres Mentawai Kena PTDH, Kapolres: Kedepan Diharap tak Terjadi lagi

Foto: Provos Polres Mentawai membawa foto Bripda Alfarabi

MENTAWAI. FN- Polres Kepulauan Mentawai melaksanakan upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) dari Dinas Kepolisian terhadap satu personel Polres Mentawai, Bripda Alfarabi.

Upacara Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PTDH) dipimpin langsung Kapolres Mentawai, AKBP.Mu’at dilakukan secara simbolis di lapangan Mako Polres Mentawai, Senin 28 September 2020.

Pemberhentian Bripda Alfarabi sebagai anggota Polri berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Nomor : KEP/417/VII/2020 tanggal 14 Juli  2020 tentang Pemberhentian Tidak Dengan  Hormat dari dinas kepolisian.

Menurut Kapolres Mentawai, AKBP.Mu’at bahwa Bripda Alfarabi telah melakukan pelanggaran kode etik profesi Polri dengan jabatan Bintara polres Mentawai dan telah melakukan tindakan disersi yakni meninggalkan tugasnya secara tidak sah dalam waktu lebih dari 30 hari kerja secara berturut-turut, dengan wujud perbuatan meninggalkan tugas lebih kurang 5  tahun hari kerja.

Ia menambahkan, Bripda Alfarabi terbukti melanggar Pasal 14 ayat (1) huruf a Peraturan Pemerintah (PP) nomor 1 tahun 2003 tentang pemberhentian anggota Polri, maka secara resmi kita laksanakan upacara PTDH.

"Pemberhentian terhadap salah satu personel Polri ini merupakan sebuah contoh bagi seluruh personel polres kepulauan Mentawai dalam menjalankan tugas kedepan," ungkapnya kepada Wartawan usai Upacara PTDH. Senin, (28/09/2020).

Pemberhentian sebagai anggota Polres Mentawai, kata Kapolres ini yang pertama kali, diharapkan kedepan tidak terjadi lagi hal serupa.

“Marilah kita ambil hikmahnya, bahwa sebagai polisi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kita sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, kita harus mampu menjaga kehormatan diri institusi Polri,” pintanya.

Sementara itu, menurut Kepala Bagian (Kabag) Sumber Daya Polres Mentawai, Kompol Azhari R bahwa terdapat 272 Personil dan Pegawai Harian Lepas (PHL) Polri di seluruh jajaran Polres kepulauan Mentawai.

"Sebenarnya disetiap polsek masih banyak kekurangan personil, seyogianya untuk keseluruhan personi di mentawai itu 500 orang," ujarnya.

Dikatakannya, apabila terdapat anggota bermasalah di Polsek, pihaknya akan menarik ke Polres Mentawai. "Biasanya kita letakkan di polsek mereka minimal sudah siap untuk melaksanakan tugas," terangnya. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre