Breaking News

Puskesmas Mapaddegat Tutup Sementara Usai Nakesnya Positif Covid-19

Foto: Puskesmas Mapaddegat

MENTAWAI. FN- Dalam mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), pemerintah kabupaten kepulauan Mentawai menutup sementara Puskesmas di Mapaddegat, Kecamatan Sipora utara akibat adanya satu Petugas Kesehatan (Nakes) terkonfirmasi Covid-19.

"Pada hari ini kita putuskan untuk tutup puskesmas sementara waktu hingga seluruh petugas kita anggap bebas dari positif covid-19," ungkap Kepala Dinas Kesehatan, Lahmuddin Siregar selaku Juru Bicara Covid-19 saat konfrensi pers di ruang rapat sekretris daerah Mentawai. Kamis, (10/09/2020).

Ia menambahkan, maka denga Positifnya Nakes bekerja di Puskesmas Mapaddegat itu terdapat 70 orang petugas lain di karantina dan selanjutnya akan di tes swab.

Seterusnya, para petugas di dua Posko di pelabuhan Tuapejat yakni Posko Admin dan Posko Swab di non aktifkan sementara waktu.

"Semua petugas di posko kita offkan dulu dan diganti dengan petugas baru sehingga pelayanan tetap berjalan dan masyarakat tidak perlu kwatir karena kita sudah bekerja sesui sop," terangnya.

Pihaknya saat ini telah meminta bantuan dua nakes dari RSUD Mentawai, dua nakes Puskesmas Sioban dan nakes bagian administrasi untuk melakukan penanganan Covid-19 di lapangan.

Maka melalui itu pihaknya saat ini terus berupaya melakukan tracing kepada masyarakat supaya dapat melakukan tes swab agar Covid-19 terdeteksi dengan cepat.

Lahmuddin merincikan dari Cluster 16 orang pasien positif Covid-19 dari pasien positif Covid-19 asal Saumangaya, kecamatan Pagai utara bekerja di depot air minum di Desa Bukit Pamewa itu terdapat sebanyak 244 orang hasil tracing dan telah tes swab sebanyak 182 orang.

"Petugas kita positif saat ini masih terkait dengan klaster di depot air minum sp tiga, karena yang bersangkutan masih tinggal di sp tiga," imbuhnya.

Dijelaskan Lahmuddin pasien positif Covid-19 saat ini pernah melakukan pertemuan dengan pasien asal Saumangaya. Pada saat itu Nakes atau pasien Positif Covid-19 ini tidak menggunakan alat pelindung diri. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre