Breaking News

Perkuat Pengawasan Pemilu, Saka Adhyasta Pasaman Dikukuhkan.


Pasaman(Sumbar) figurnews.com

Saka Adhyasta Pemilu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasaman secara resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Kwartir Cabang 0308 Gerakan Pramuka Kabupaten Pasaman yang diwakili Ali Yusri di Aula Arumnas Hotel Lubuk Sikaping, Kamis (03/09/2020).

Saka Adhyasta Pemilu merupakan organisasi kepramukaan yang berarti sebagai pengawal berjalannya proses tahapan pemilu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman Rini Juita dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pembentukan Saka Adhyasta Pemilu ini nantinya akan menjadi wadah pembinaan dan pengembangan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Pramuka sesuai dengan minat dan bakatnya.

Bawaslu akan berperan aktif dalam mensosialisasikan pemilihan umum ke masyarakat, salah satunya yaitu melalui Saka Adhyasta Pemilu, Bawaslu mempunyai tanggung jawab untuk membina adik – adik Pramuka tentang pengawalan dan pengawasan dalam pemilihan umum, apalagi nantinya tahun 2020 ini ada pemilihan Gubernur/ Wakil gubernur serta Bupati/ Wakil Bupati. Kita berharap adik – adik Pramuka akan kita bina dan latih serta kita libatkan dalam proses pengawalan dan pengawasan pemilihan umum nantinya,” ungkapnya.

Ka.Kwarcab 0308 Pasaman yang diwakili Ali Yusri menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pasaman dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0308 Pasaman sepakat membentuk Satuan Karya (Saka) Adhiyasta Pemilu untuk memperkuat pengawasan dalam pemilu maupun pilkada.

"Dengan dibentuknya Saka Adhyasta ini, kami harapkan dapat berperan aktif menjadi agen perubahan di tengah masyarakat menyampaikan pentingnya menyalurkan hak pilih untuk memilih pemimpin daerah dan pemimpin bangsa, serta menyampaikan hal-hal yang dilarang dalam pelaksanaan pilkada dan pemilu," katanya.

Rangkaian pengukuhan dan pelantikan Saka Adhyasta serta  pembacaan Surat Keputusan pembentukan dan susunan keanggotaan Majelis Pembimbing dan susunan keanggotaan Pimpinan Saka masing masing dengan masa bhakti 2020-2024.

Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Saka, langsung dikendalikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juita, dibantu oleh Mesrawati, Kristian anggota Bawaslu.

Sedangkan untuk Pimpinan Saka, dikendalikan oleh Rifki Mukhliza selaku Koordinator Sekretariat Bawaslu. (Eq)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre