Breaking News

Perda Sumbar AKB Bakal Diterapkan Selama 7 Hari Kedepan di Mentawai

Foto: Sosialisasi Perda Sumbar tentang adabtasi kebiasaan baru

MENTAWAI. FN- Dalam memberikan sanksi terhadap pelanggar Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatra Barat tentang adaptasi kebiasan baru atau AKB bakal diterapkan selama 7 hari kedepan di kabupaten kepulauan Mentawai.

"Selama waktu yang diberikan kita melakukan sosialisasi dan membentuk tim khusus, untuk itu diharapkan tim sudah terbentuk sebelum pekan depan, karena harus sudah diterapkan aturan ini,” ungkap Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake usai sosialisasi Perda AKB di aula Gedung Nasional Kecamatan Sipora Selatan. Selasa, (15/09/2020).

Dikatakannya, Perda baru untuk memutus mata rantai penyebaran serta pengendalian Covid-19 tersebut, baru ditetapkan oleh pihak legislatif provinsi Sumbar pada Jumat 11 September 2020 lalu.

Kortanius mengatakan bahwa Perda baru disahkan, tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Selanjutnya, Perda ini wajib dipatuhi oleh semua masyarakat di provinsi sumatra barat.

Perda yang disahkan tersebut diantaranya menekankan, setiap masyarakat dalam penyelenggaraan AKB dalam Pencegahan Covid-19 wajib mengikuti perilaku hidup sehat dan bersih.

"Dalam perda itu memberi wewenang terhadap pemerintah daerah untuk menegakan perda sekaligus sanksi terhadap masyarakat pelanggar perda, berupa denda ataupun pidana kurungan," tambah Kortanius.

Selain itu juga aturan dan sanksi bagi pelaku kegiatan atau pelaku usaha, berupa denda serta pidana.

Kemudian pelaksanaan penegakan hukum terhadap pelanggaran aturan tersebut, pihaknya akan melakukan gerak cepat untuk membentuk tim terpadu yang melibatkan Sat Pol PP, Polri dan TNI serta stakeholder lain. 

Kortanius menghimbau kepada seluruh masyarakat Mentawai untuk selalu mematuhi prokes Covid-19 dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Tanpa kesadaran masyarakat menjalani prokes, penyebaran Covid-19 tetap sulit dihentikan. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre