Breaking News

PARNA INDONESIA PEDULI PILKADA SAMOSIR


Samosir (Sumut), Figurnews.com

Rapidin Simbolon diberi panggung oleh Parna Indonesia yang diketuai oleh Letjend (Purn) TNI Cornel Simbolon, untuk  memaparkan Visi Misi Rapberjuang sebagai salah satu Paslon Bupati Samosir, Sabtu 19 Sept 2020 yang lalu,

Dalam hal ini, Rapidin Simbolon pun tidak menyianyiakan kesempatan itu, sebagai petahana tentu dia menyampaikan apa saja yang sudah dicapai selama kurang lebih 4 tahun 7 bln memimpin samosir. 

"Para ketua-ketua marga Parna yang hadir berdecak kagum melihat perkembangan samosir, ternyata Samosir sudah sedemikian maju rupanya demikian," ujar Cornel Simbolon. 


Para ketua ketua marga parna itupun tidak mau ketinggalan memberi beberapa masukan kepada Bupati berikutnya antara lain:

1. Air danau toba sudah semakin tercemari bukan saja oleh perusahaan  Aquafarm, tapi juga oleh ulah        masyarakat lokal dengan keramba ikan. Perlu penanganan yang tegas. 

2. Perlu tetap membangun hubungan baik Pemda Samosir dengan Pemerintah Pusat untuk                        kesinambungan pembangunan di Samsoir, dan Rapidin Simbolon telah membuktikan itu. Oleh                karenanya masyarakat harus tau upaya-upaya besar yang dilakukan Bupati  dalam membangun di        Samosir.

3. Pemda perlu mengaitkan pariwisata, pertanian dan industri. Misal. Wisata agro dan lain-lain.

4.  Pentingnya Pemda samosir menyediakan rumah sakit yang berkelas internasional,  kerja sama                 dengan swasta agar masyarakat tidak lagi berobat ke Penang Malaysia

5  Perlu menyediaan bibit yang berkualitas untuk mensejahterakan masyarakat  melalui penyedian            laboratorium   penelitian pertanian dan perikanan.

6. Saat ini belum semua desa terjamah pembangunan karena keterbatasan dana APBD, maka perlu azas     pemerataan sehingga semua masyarakat merasakan  pembangunan itu sendiri.

7. Setidaknya ada 5 prioritas pembangunan di samosir (Sarana prasarana, sektor pertanian, sektor                pariwisata, SDM dan ekonomi).

8. Kinerja yang sudah dicapai Pemerintah harus disosialisasikan secara masif kepada masyarakat                supaya mereka memahaminya.

9. Mentalitas masyarakat harus segera dibenahi khususnya soal keramahtamahan 

10. Jika Pemda Samosir  tdk mampu menutup Aquafarm, perlu di dorong Gerakan Masyarakat yang          masif  utk pelestarian danau toba dengan demo pembubaran  aquafarm, krn kalau hanya melalui              jalur hukum akan sulit terkait peraturan investasi asing.

11. Pemda perlu inisiasi program bagi  para siswa disaat mereka sdg libur. Misal bidang pertanian,               pariwisata.

12.  Pentingnya ada program pembinaan karang taruna, sebagai sarana komunikasi para generasi muda. 

13. Perlu memperbanyak Pembentukan Koperasi Unit Desa dan pemda membantu manajemen, akses          modal dan pasar. 

14. Dalam hal adanya sekelompok masyarakat yang tdk bersedia membebaskan tanahnya (khususnya          tanah ponggol) dapat juga digunakan pendekatan hukum.

15.  Pemda Samosir harus konsisten dan berkelanjutan membantu Koperasi Unit Desa dalam hal ekspor        hasil pertanian secara berkelanjutan. 

16. Penting kreativitas hasil produk lokal samosir sebagai souvenir makanan ringan. 

17. Fokus peningkatan kegiatan atlit yg berprestasi nasional atau internasional.

18. Penetapan samosir menjadi 1 dari 5 wisata super prioritas harus disyukuri karena itu adalah                  keputusan besar negara untuk samosir. Oleh karenanya semua pihak harus membantu Bupati.

19. Samosir boleh berbangga atas perolehan berbagai  penghargaan dari berbagai lembaga termasuk          dari KPK dan BPK, itu luar biasa. Dan Perlu di LANJUTKAN....

Para ketua-ketua marga Parna Indonesia, sangat mengapresiasi capaian Rapidin Simbolon selama memimpin Samosir, dan berharap pembangunan di samosir disegala bidang dapat DILANJUTKAN.....

(E.S)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre