Breaking News

Pandemi Covid-19, Nasib Pengrajin Souvenir di Katiet

Foto: Souvenir yang belum terjual

MENTAWAI. FN- Katiet sebagai bagian dari Destinasi Wisata 3M1K atau Muntei, Madobag, Mapaddegat dan Katiet di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Tentunya pendapatan masyarakat setempat pada umumnya bergantung kepada Pariwisata. 

Sejak masuknya wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Mentawai, para pengrajin Souvernir di Katiet memprihatikan. Pasalnya, pembeli dari Wisatawan asing di masa Pandemi Covid-19 ini dibatasi.

Hal itu dikatakan salah seorang Pengrajin Souvenir di Katiet, Hengkius (30) bahwa sejak adanya kasus pertama terkonfirmasi Covid-19 pada bulan Maret 2020 lalu, Sejak itu penjualan dari Souvenir terhenti.

"Kita menjual ke kapal-kapal menggunakan perahu di depan resort di katiet ini, tetapi sejak virus korona kapal tidak berdatangan lagi," ungkapnya kepada figurnews.com di rumahnya, dusun Katiet, Desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Minggu, (20/09/2020).

Dikatakannya, sebelum Covid-19 ini, rata-rata pendapatan mencapai Rp1 juta per minggu. 

"Kita tidak dapat mengatakan pendapatan per hari karena kita buat dulu baru di jual, untuk membuat berbagai motif iti butuh waktu 3 sampai 4 hari, tergantung ukuran dan motifnya," terangnya.

Untuk motif ukiran pendayung, papan slancar dan perahu itu berkisar Rp200 ribu hingga Rp350 ribu. Tetapi motif ukuran asbak rokok dan sejenisnya berkisar kurang dari Rp200 ribu. 

Ia berharap pandemi Covid-19 ini cepat berlalu. Sehingga, kehidupan dapat normal kembali. "Saat ini kita tidak bisa berharap apa-apa selain masa pandemi ini cepat berlalu, apalagi ini bencana dunia," paparnya.

Hengkius seorang pengrajin yang berpendapatan bergantung kepada Souvernir. Meski demikian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terkadang ia bekerja bertani dan menjadi buruh kasar. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre