Breaking News

Meski Belum Diundangkan, Sat Pol PP Mentawai Tetap Mulai Sosialisasi Perda AKB

Foto: Kasat Pol PP Mentawai, Dul Sumarno

MENTAWAI. FN- Sesui Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Barat tentang Adaptasi Kebiasaan Baru atau AKB dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Mentawai, Dul Sumarno mengatakan melaksanakan penegakan Perda setelah penerbitan SK Satuan Tugas Covid-19.

"Hari ini kita sudah bergerak ke kantor-kantor untuk melakukan sosialisasi penegakan perda sumbar ini," ungkapnya kepada Wartawan pada konfrensi persi di ruang rapat Sekretaris Daerah Mentawai. Senin, (20/09/2020).

Menurutnya, untuk penindakan pihaknya bergerak setelah diterbitkan SK Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. "Kemungkinan kita bergerak satu minggu kedepan setelah tahap sosialisasi ini," tambahnya.

Sementar itu Kepala Bagian Hukum Mentawai, Serieli BW selaku Juru Bicara Kebijakan Covid-19 menyebutkan, waktu sosialisasi dilaksanakan setelah diundangkan selama 7 hari. 

"Meskipun belum diundangkan, kita sudah mulai sosialisasi, namun kita belum tahu ini kapan diundangkan," ucapnya.

Serieli BW merincikan, Setelah diundangkan maka di mulai sosialisasi Perda AKB selama 7 hari. Kemudian langsung mulai penegakan hukum dan sanksi berupa, sanksi administrasi, sosial dan pidana.

Melalui komunikasi dengan pihak provinsi Sumbar, disebutkannya sampai sekerang Perda belum ditetapkan. Alasannya masih ada beberapa hal mesti di konsolidasi terkait penegakan ini. 

Dikatakannya, Karena butuh kesesuian, jadi waktunya agak sedikit lama terkait Perda Provinsi Sumbar dimana penegakannya di kabupaten dan kota.

"Jadi jangan sampai nanti bentrok tugas satpol PPnya provinsi dengan satpol PPnya kabupaten dan kota, kalau di mentawai tidak masalah karena terpisah, tetapi kabupaten lain, itu satu daratan, terutama kota padang," terangnya.

Maka saat ini dikatakan Serieli BW Perda AKB Sumbar dalam pembahasan di Kementrian Dalam Negeri. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre