Breaking News

KPU Mentawai Tetap Responsif Menangkal Isu-isu di Medsos

 

Foto: Ilustrasi kampanye di media sosial

MENTAWAI. FN- Media sosial sebagai ajang bagi Pasangan Calon (Paslon) melakukan kampanye untuk memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur pada 9 Desember 2020 mendatang.

Untuk itu, dalam menangkal berbagai persoalan Isu-isu berkembang di media sosial pada tahapan Pilkada mendatang, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mentawai, tetap responsif dalam menangkal isu selama masa kampanye tersebut.

"Saat ini kita belum punya perangkat lunak yang dapat mendeteksi hoax atau benarnya suatu kejadian, namun KPU tetap responsif atau tetap memantau secara dekat terkait isu-isu pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur mendatang," ungkap Devisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Mentawai, Iswanto kepada wartawan. Jumat, (18/09/2020).

Menurutnya, media sosial atau medsos menjadi wadah kampanye bagi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2021-2026. Selain hemat, juga mudah diakses oleh pemilih.

"Media sosial menjadi strategi baru, khususnya bagi kaum milenial saat ini, tentunya media sosial adalah sebuah wadah yang tidak bisa di pisahkan dengan saat kampanye," terangnya.

Melalui itu kata dia, timbul regulasi dalam menggunakan media sosial. Pasalnya, keberadaan media sosial di dunia maya akan berdampak langsung terhadap dunia nyata. "Heboh di dunia maya, tentu tambah heboh di dunia nyata, nah begitu juga sebaliknya," tambah Iswanto.

Ia memberikan gambaran, disaat masa kampanye para netizen (pengguna internat) tidak dapat mengkritik langsung tim sukses. Namun apabila kampanye dilakukan di media sosial, maka bakal banyak muncul komentar. 

"Orang yang biasanya tidak vokal atau tidak berani ngomong di dunia nyata, melalui akun resmi paslon, dia akan korektif dan kritik, bahkan kata sumpah serapah akan keluar, sehingga mengundang menimbulkan kebencian dan ini alasannya timbul regulasi itu," terangnya.

Sebaliknya, apabila tim sukses paslon menyampaikan secara langsung tentang visi dan misi kedepan, masyarakat hanya mendengar, tutup Iswanto. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre