Breaking News

Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Meningkat, Pemkab Mentawai Terima APD

Foto: Penyaluran bantuan BPBD Sumbar ke BPBD Mentawai.

MENTAWAI. FN- Dalam upaya pemutusan mata rantai penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Sumatra Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra barat menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD).

Penyerahan Bantuan APD itu disalurkan langsung oleh pihak BPBD Sumbar di Mentawai menggunakan Helikopter BNPB tipe N303AJ di lapangan bola Desa Sipora Jaya Km-08, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur bahwa ini dilakukan mengingat peningkatan kasus Covid-19 di provinsi Sumatra barat. Maka melalui itu pihaknya memberikan bantuan APD di 19 Kabupaten dan Kota di Sumbar.

"Ini kita berikan mengingat persedian APD di kabupaten kota sangat terbatas karena harga APD yang cukup mahal," ungkapnya kepada Wartawan di lokasi. Senin, (28/09/2020).

Disebutkannya APD itu antara lain, Hand Scoond/Hand Seal 20 Pcs, Hand Glove 12 Pcs, APD/Hazmat 60 Dus, Masker N.95 Tenaga Medis 14 Dus, Hand Sanitaizer Spray 4 Dus, Hand Second Panjang 5 Dus dan Sepatu Boat 2 Dus.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake mengatakan dengan peningkatan kasus Covid-19 di Mentawai saat ini, pihaknya cukup kwatir dengan adanya kasus transmisi lokal. Artinya di 4 pulau besar di Mentawai sudah mengalami penyebaran. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada BPBD sumbar sehingga Pemda tidak mesti fokus tentang persedian APD," ujarnya.

Disebutkannya, melalui bantuan ini pihaknya merasa terbantu dalam mengatasi persedian APD. Tentu kedepan juga Pemda Mentawai dapat lebih fokus terhadap penaganan Tackhing, Tracing dan Testing bagi para pelaku perjalanan. 

"Minggu depan kita lebih memperketat aturan bagi mereka yang datang ke Mentawai agar di Swab," terang Kortanius Sabeleake.

Saat ini dikatakan Korta bahwa pihak medis sudah cukup, hanya saja keterampilan tenaga kesehatan atau Nakes dalam penanganan Covid-19 ini belum maksimal. Pasalnya diantara mereka masih juga terkena virus korona. 

"Alat-alat kita sudah cukup hanya saja dari pengalaman kita tenaga kesehatan di RSUD dan Puskesmas terkonfirmasi Covid-19, akibat kelalaian, apalagi kasus terakhir ini satu dari RSUD dan satu dari BPBD," paparnya. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre