Breaking News

Iswanto Susun Strategi Jadikan Mentawai Sebagai Wisata Demokrasi

Foto: Sambutan Devisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Mentawai, Iswanto

MENTAWAI. FN- Dalam menciptakan nuansa sejuk saat Pemilihan Umum (Pemilu) di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Devisi Teknis dan Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mentawai, Iswanto menyusun strategi untuk menjadikan Mentawai sebagai wisata demokrasi. 

Menurutnya hal itu dilakukan guna memperkenalkan Pemilu berbasis Budaya terhadap wisatawan mancanegara. Selain itu juga dapat menghindari adanya gesekan sosial, ideologi dan gesekan terkait lainnya. 

"Maka saya sudah menyusun strategi untuk mentawai menjadi wisata demokrasi, bagaimana pilkada tahun 2020 ini menjadi fenomenal bagi wisatawan mancanegara," Sebutnya pada acara sosialisasi tahapan pemilu, mengawal media sosial dari ancaman hoak di era Pandemi Covid-19 di aula hotel Jelita, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora utara, Mentawai. Jumat, (18/09/2020).

Maka melalui itu juga pihaknya dapat merubah stigma masyarakat selama ini tentang Pilkada provinsi Sumatra barat yang mana berpengaruh besar terhadap pembangunan di Mentawai.

Selanjutnya, pihaknya bakal menggandeng wartawan untuk memperkenalkan Wisata Demokrasi melalui berbagai informasi melalui video maupun foto kepada Wisatawan Mancanegara. Hal itu di perkuat dengan adanya kerjasama KPU dengan Taman Nasional Siberut. 

Iswanto menyebutkan perencanaan pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) bernuansa Uma itu juga mengharuskan seluruh petugas menggunakan pakaian tradisional seperti kabit saat melakukan pencoblosan.

"Jadi disaat pemilu tiba, tidak memberikan kekwatiran bagi wisatawan ketika berada di mentawai seperti terjadinya konflik saat pemilu," terangnya.

Saat ini pihaknya telah mengajukan MoU dengan KPU provinsi Sumatra barat. Melalui itu juga Pemilu kedepannya akan menciptakan hal yang serupa. Terlebih momen pilkada dapat menjadi nilai domestik bagi negara.

"Pilkada bulan desember 2020 mendatang bertepatan dengan persiapan penyambuatan hari natal, maka momen ini kita manfaatkan sebaik mungkin untuk mempromosikan wisata budaya mentawai, karena biasanya masyarakat dan wisatawan mancanegara banyak berdatangan," tutupnya. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre