Breaking News

DANGUSKAMLA KOARMADA I IKUTI PERTEMUAN KE-49 ISJOEC

Jakarta - Figurnews.com

17 September 2020,  Komandan Guskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan, S.T.,M.M., mengikuti kegiatan pertemuan ke 49 ISJOEC (Indonesia-Singapore Joint Operation and Exercise Committee) secara virtual conference (Vicon) di Hotel Ritz Carlton Jakarta, dipimpin oleh Delegasi  kedua negara yaitu dari Indonesia dipimpin oleh Asops Panglima TNI, sedangkan Singapura dipimpin oleh Singapura Director Joint Operation (Brigjen David Neo). 

Re-view kegiatan kerjasama bilateral yang sudah berjalan di tahun 2019 sampai dengan pertengahan 2020 telah berjalan sesuai dengan rencana yang telah disepakati, kegiatan mendatang perlu perencanaan baru, mengingat saat ini masih terjadi wabah Covid-19. 

Dalam sambutannya, Asisten Operasi Panglima TNI Mayor Jenderal TNI Arios Tiopan Aritonang menyampaikan, 

Dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19 yang saat ini masih mengalami kenaikan signifikan baik di Indonesia dan Singapura serta diseluruh dunia, saya menilai bahwa ISJOEC adalah forum yang relevan bagi TNI dan SAF dimana forum ini merupakan suatu kerangka kerja yang efektif dalam merumuskan konsep latihan bersama bilateral antara Indonesia dan Singapura menyesuaikan dengan pandemi covid-19”. 

Brigadir Jendral David Neo menyampaikan, “Di lingkungan saat ini, kita harus beradaptasi. Saya senang bahwa kita telah menemukan upaya khusus untuk mencari cara-cara baru untuk berinteraksi. Pandemi COVID-19 sangat berdampak kita semua di banyak aspek. 

Ini sangat penting bahwa SAF dan TNI menjajaki cara-cara untuk bekerja sama dan saling membantu dalam mendukung upaya pemerintah masing-masing untuk melawan pandemi ini. Kita bekerja sama dengan semangat kemitraan dan persahabatan yang dimiliki antara Angkatan Bersenjata.”

Dalam pertemuan secara virtual ini, kedua negara membicarakan peran masing-masing angkatan bersenjata berbagi pengalaman, baik TNI maupun Singapore Armed Forces (SAF) dalam penanggulangan wabah Covid-19.

Ditengah-tengah wabah Covid-19 yang masih menjadi hambatan untuk melaksankan aktivitas dalam bentuk kerjasama militer seperti halnya latihan bersama dan pertemuan-pertemuan yang menuntut kehadiran fisik, kedua belah pihak tetap berkomitmen melanjutkan dan mempererat hubungan bilateral untuk menjaga stabilitas keamanan di kawasan.

Hasil dari pertemuan tersebut diperoleh beberapa kesepakatan baik dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara untuk melanjutkan kegiatan yang direncanakan seperti latihan bersama dan pertemuan bilateral dengan cara virtual. 

Kegiatan yang menghadirkan personel secara fisik kedua belah pihak akan menunda untuk sementara waktu karena adanya pandemi Covid-19 dan akan diagendakan kembali setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Waasops Kasal, Waasops Kasau, Direktif Operasi dan Latihan Mabesad, Paban V Kerkamtas Sops Mabes TNI, Danguskamla Koarmada I, Dirpolair Baharkam Polri. (DP)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre