Breaking News

Cara Praktis Jemur Kelapa, Warga Saureinu: Pokonya tak Repot

Foto: Tempat penjemuran kelapa di Desa Saureinu, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai

MENTAWAI. FN- Saat menjemur kelapa di halaman rumah, tentu hal paling dikwatirkan saat datangnya hujan secara tiba-tiba. Namun cara dilakukan seorang warga Saureunu menjadi solusi untuk itu. Ditambah cara ini lebih praktis dan dinamis. 

Salah satunya, Gemar (52) Warga Bulasat, Desa Saureinu mengkui cara ini lebih efektif. Pasalnya, kelapa cukup disusun dalam tenda dari plastik bening pada sore hari, lalu dibiarkan selama satu minggu kedepan. 

"Dengan ini kita tidak perlu sibuk apabila datang hujan dan panas, kita biarin aja sampai masak, kita cukup masukin kelapa waktu sore hari, kalau kita masukin siang hari hangus kita nanti," ujarnya saat ditemui figurnews.com dikediamannya. Sabtu, (26/09/2020).

Tenda plastik menyerap cahaya panas berukuran 20X5 meter itu diakuinya sangat cocok untuk menjemur kelapa bulat dibelah dua.

Sementara itu untuk harga kelapa disebutnya bervariasi antara lain kelapa besar Rp1700 dan kelapa kecil Rp1500. Harga perbuah dibelinya dengan alasan dapat memanfaatkan tempurung menjadikan nilai tambah. 

Saat ini terdapat 2 ton kelapa sedang dijemur dalam tenda plastik tersebut. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre